Tips Aman Masuk Dunia Metaverse, Biar Bebas dari Hacker

Telset.id – Metaverse menawarkan dunia virtual yang menarik. Namun, sebelum Anda mencoba masuk ke metaverse, alangkah baiknya untuk mengetahui tips aman masuk dunia virtual tersebut.

Metaverse adalah ruang virtual, di mana Anda bisa berkomunikasi, membeli tanah, hingga menonton konser di dunia tersebut.

Dengan bantuan teknologi Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan teknologi video, siapapun yang mengunjunginya akan merasa seperti di dunia nyata. Sebab panca indera bisa melihat, mendengar, dan menyentuh apapun di metaverse dengan baik.

Adapun teknologi metaverse mulai menjadi perbincangan usai Facebook mengganti nama perusahaan menjadi Meta dan berencana membangun metaverse.

Selain itu, sudah bermunculan platform metaverse seperti The Sandbox, Roblox, Decentraland, hingga Horizon Worlds yang saat ini sudah bisa diakses. Lantas dengan kecanggihan yang ditawarkan metaverse, apakah platform ini aman diakses?

Baca juga: Begini Cara Kerja Metaverse

Banyak pengguna yang khawatir dengan keamanan metaverse. Kekhawatiran yang muncul adalah pengambilalihan akun yang dapat menyebabkan pencurian identitas, aset kripto, dan token NFT.

Lalu ada juga yang takut kalau metaverse menjadi tempat baru para pelaku kejahatan untuk melakukan phishing dan menyebarkan malware berbahaya.

Tips Aman Mengunjungi Dunia Virtual Metaverse 

Tips Mengakses Metaverse

Kasus kejahatan siber di metaverse bisa Anda hindari. Perusahaan keamanan siber Kaspersky memberikan sejumlah tips yang bisa Anda lakukan supaya aman masuk ke ruang virtual metaverse.

Baca juga: Dampak Negatif Dunia Metaverse

  • Selalu melindungi akun Anda dengan menggunakan pengelola kata sandi dan teknologi autentikasi 2 faktor. 
  • Gunakan solusi keamanan siber yang andal untuk mencegah serangan malware dan phishing
  • Jika Anda sudah menggunakan mata uang kripto, pelajari cara kerja sistem keamanan dompet kripto, dukungan layanan, dan apa yang tidak boleh Anda bagikan dengan siapa pun.
  • Waspada terhadap email dan pesan yang meminta pembayaran atau ancaman untuk memblokir akun. 
  • Apabila ada email yang mencurigakan perhatikan alamat pengirim. Jika nama perusahaan salah dieja atau domainnya hanya sekumpulan karakter acak, itu hampir pasti scam.
  • Gunakan solusi andal seperti Kaspersky Internet Security dengan perlindungan terhadap penipuan online dan phishing untuk membantu menjaga uang Anda aman dari segala jenis penipuan.

Keamanan akun dan dompet kripto di metaverse adalah tanggung jawab Anda sendiri. Pastikan untuk tetap waspada ketika masuk ke metaverse supaya tidak menjadi korban kejahatan siber. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0