Surface Phone akan Punya Fitur AR dan VR?

Telset.id, Jakarta – Meski dianggap gagal dalam persaingan bisnis ponsel, namun rupanya belum membuat Microsoft patah semangat untuk dapat kembali bersaing di ranah ponsel. Terbukti, raksasa perangkat lunak ini dikabarkan tengah mengembangkan perangkat terbaru Windows Phone 10.

Setelah peluncuran Microsoft Lumia 950 dan Lumia 950 XL, Microsoft seperti menghilang dari pasar smartphone. Raksasa Redmond tersebut belum pernah merilis perangkat baru sejak memutuskan tak lagi menggunakan merek Lumia. Namun, kabar terbaru mengungkapkan bahwa Microsoft sedang mengembangkan smartphone baru dengan merek Surface.

Informasi ini datang dari Brad Sams, editor eksekutif Thurrott, yang mengungkapkan bahwa Microsoft sedang dalam proses pengujian untuk membuat prototipe perangkat mobile Windows 10.

[Baca juga: Microsoft Surface Phone Sudah Masuk Tahap Pengujian]

Namun Sams belum dapat memastikan apakah itu smartphone atau tablet. Tapi jika melihat Microsoft masih sangat bernafsu untuk masuk kembali ke pasar smartphone, maka spekulasi yang muncul adalah Microsoft mungkin sedang mengerjakan smartphone premium.

Kabarnya, Alex Kipman yang memimpin proyek Surface Phone tersebut. Kipman sendiri merupakan kepala pengembangan proyek HoloLens yang sedang mengerjakan perangkat Windows 10 yang masih “misterius”.

Jika melihat keterlibatan Kipman dalam proyek ini, nampaknya Microsoft ingin membuat smartphone dengan kemampuan AR (augmented reality) dan VR (virtual reality). Dengan kehadiran kedua fitur tersebut, tampaknya smartphone ini akan menjadi perangkat premium yang sangat mahal.

Namun, seperti dikutip dari Gizmochina, proyek ini diperkirakan akan menjadi salah satu upaya dari Microsoft untuk meyakinkan produsen smartphone lain untuk membuat perangkat serupa.

Pada bulan Juni lalu, sebuah laporan juga menunjukkan bahwa Microsoft sedang mengerjakan perangkat Surface dengan dua kode nama Surface Peking and Surface Slavonia.

[Baca juga: Punya 2 Varian, Surface Phone Microsoft akan Disokong Snapdragon 835?]

Dalam bocoran itu menyebutkan bahwa keduanya akan didukung oleh chipset terbaru Qualcomm yang sangat kuat, yakni Snapdragon 835. Prototipe 6 GB diduga dapat menjalankan aplikasi x86 via Continuum, sementara model 4 GB tidak bisa.

Di bagian layar, prototipe Surface Phone ini memiliki resolusi Quad HD (1440 x 2560 piksel) yang menampilkan layar sekitar 5,5 inci, dan mungkin datang dengan “aksesoris laptop” termasuk diantaranya cover keyboard seperti Surface Pro dan pena stylus.

Kesemua model handset Surface Phone ini kemungkinan akan dirilis pada akhir 2017 dengan menjalankan Windows 10 Mobile Redstone 3. [NC/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0