Cara Menggunakan Samsung Galaxy SmartTag untuk Lacak HP

Telset.id – Samsung tengah gencar mengembangkan teknologi IoT pada ekosistem perangkatnya. Salah satunya adalah Samsung Galaxy SmartTag yang memanfaatkan teknologi untuk mencari berbagai barang dengan cepat dan aman.

Samsung Galaxy SmartTag merupakan inovasi terbaru Samsung yang mungkin selama ini Anda butuhkan. Perangkat mungil namun pintar pada Galaxy Ecosystem ini telah terintegrasi dengan aplikasi SmartThings,

Dengan teknologi tersebut, barang-barang pribadi dapat diorganisir dan ditemukan secara cepat dan mudah lewat smartphone, sekalipun barang tersebut bukanlah barang IoT atau elektronik.

{Baca juga: Awetnya Baterai Galaxy S21 Ultra 5G Dipakai Kerja Seharian}

Cara Menggunakan Galaxy SmartTag

Samsung Galaxy Smart Tag
Galaxy Smart Tag

Perangkat pintar ini diklaim memberi solusi untuk mencari barang tanpa harus repot. Lantas, bagaimana cara menggunakan Galaxy SmartTag? Berikut ini cara menggunakannya.

Cara menggunakan perangkat ini cukup mudah. Anda cukup mengaitkannya pada barang penting Anda, maka lokasinya tinggal dilacak kapanpun lewat smartphone Galaxy yang dimiliki, via aplikasi SmartThings.

Anda cukup memasang atau menggantungkannya pada benda-benda berharga seperti dompet, kunci mobil, sepeda terbaru, koper saat bepergian, bahkan binatang peliharaan tersayang.

Semua barang (atau hewan) tersebut langsung terkoneksi ke smartphone Anda, begitu menekan tombol pada Samsung Galaxy SmartTag. Secara otomatis perangkat mungil ini akan aktif, mengirim notifikasi “Tag in Devices Connection” pada aplikasi SmartThings.

{Baca juga: Menikmati Pengalaman Gaming ala Profesional di Galaxy S21 Ultra 5G}

Setelahnya, Anda tinggal menggunakan SmartThings untuk melacak keberadaan barang berharga Anda. Saat hendak melacak keberadaan barang yang hilang.

Perangkat ini menggunakan teknologi bluetooth low energy (BLE) yang memberikan sinyal kepada SmartThings Find pada aplikasi SmartThings secara offline.

  • Pilih > “Search Nearby” pada > SmartThings Find maka secara langsung Galaxy SmartTag dan BLE akan terkoneksi untuk mengaktifkan BLE “Find Mode”.
  • Pada smartphone akan muncul grafik lingkaran berwarna hijau yang akan berubah lebih besar jika sinyal dari Galaxy SmartTag dengan Anda semakin dekat.

Galaxy Smart Tag

Bagaimana jika lupa dimana terakhir meletakkan kunci? Begini caranya:

  • Buka aplikasi > SmartThings > tekan tombol > Ring > untuk “memanggil” kunci tersebut melalui notifikasi suara yang dihasilkan oleh Galaxy SmartTag.
  • Dekati arah bunyi suara untuk menemukan barang yang dicari.

Bagusnya, sesama smartphone Samsung pun dapat membantu menemukan SmartTag milik Anda yang hilang di tempat yang jauh dengan fitur Galaxy Find Network.

Jadi, saat Galaxy SmartTag berada jauh dari smartphone Anda selama 30 menit, Galaxy SmartTag dengan BLE memberikan sinyal kepada SmartThings Find di perangkat-perangkat Samsung di sekitarnya.

Kemudian perangkat akan mengirimkan sinyal tersebut ke perangkat Galaxy Anda, memudahkan Anda mencari lokasi SmartTag yang tidak diketahui keberadaannya.

Fitur Private ID memastikan bahwa sepanjang SmartTag mengirimkan sinyal BLE, ia akan membentuk sebuah ID rahasia yang terus berubah membuat data-data Anda tetap terjaga.

{Baca juga: Exynos 2100 “Otak” di Balik Performa Gahar Galaxy S21 Series 5G}

Hasilnya, Galaxy SmartTag bisa ditemukan melalui perangkat Galaxy lainnya tanpa perlu takut data-data pribadi diketahui orang lain.

Buat Anda yang tertarik menggunakan perangkat pintar ini, Galaxy SmartTag telah tersedia dalam warna Hitam dengan harga Rp 399.000. [HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -