Rekrut Sarjana Komputer, Polisi London Bentuk Tim Siber

Telset.id, Jakarta – Kepolisian kota London, Inggris, berencana membentuk tim siber. Anggota tim tersebut direkrut secara langsung dari berbagai universitas di Inggris. Pemerintah setempat menerapkan kebijakan ini seiring ancaman serangan siber yang terus meningkat.

Dikutip dari Telegraph, kepolisian kota London sedang intensif merancang program khusus dengan memperkerjakan para sarjana lulusan ilmu komputer. Nantinya, mereka tergabung dalam tim siber dan membantu kepolisian dalam memberantas praktik peretasan oleh para hacker.

Sebagai tahap awal, kepolisian kota London membangun tim yang terdiri atas enam orang. Mereka akan mulai bekerja tahun depan. Namun, sebelum menjalankan tugas sebagai anggota tim siber, mereka terlebih dahulu dilatih serta melakukan pemetaan rute para hacker.

Kepala divisi kriminal dan siber kepolisian kota London, Peter O’Doherty, menjelaskan, perekrutan para sarjana lulusan ilmu komputer untuk masuk tim siber tak hanya untuk melawan aksi peretasan, tetapi juga persiapan pembentukan akademi anti-kejahatan internet.

“Para anggota tim siber tidak akan terpaku kepada setiap kejadian peretasan. Mereka juga akan membantu polisi dalam melakukan investigasi. Kami berharap, keberadaan tim siber membuat praktik pembobolan via jaringan internet bisa berkurang,” kata Peter.

Inisiatif bernama Cyber Griffin tersebut juga bakal membantu berbagai lembaga keuangan di London dalam mendapatkan berbagai informasi tentang ancaman siber. Bahkan, mereka akan melatih para karyawan lembaga keuangan supaya bisa menangkal aksi kejahatan siber.

Inisiatif Cyber Griffin hadir besamaan dengan rencana pemerintah kota London untuk membentuk pengadilan siber. Saat ini, bank, perusahaan asuransi, dan perusahaan pengelolaan aset sedang marak merekrut sarjana ilmu komputer untuk dipekerjakan menangkal peretasan. [SN/IF]

Source Link 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here