Pria Ini Kehilangan 7 Gigi Setelah Rokok Elektronik Meledak di Wajahnya

Telset.id, Jakarta – Seorang pria asal Idaho, AS terpaksa harus masuk ruang ICU dan kehilangan tujuh giginya setelah vaporizer miliknya meledak, tepat di di wajahnya. Andrew Hall, demikian nama pria itu, mengaku tengah bersiap untuk berangkat kerja kala itu, ketika rokok elektriknya tiba-tiba meledak.

Ledakan itu begitu kuat hingga Hall tak hanya kehilangan tujuh giginya, tetapi juga menderita luka bakar tingkat dua yang mengerikan, lapor Gizmodo, Rabu (18/1/2017).

Para dokter di ruang perawatan intensif pun harus mengeluarkan potongan plastik, gigi dan benda asing lainnya dari mulut, tenggorokan dan bibir Hall pasca insiden itu.

“Saya sudah melakukan ini selama sekitar satu tahun dan meyakinkan Anda bahwa saya tidak melakukan apapun yang tidak seharusnya,” tulis Hall dalam akun Facebook-nya seraya menerangkan bahwa ia telah melakukan segala prosedur dengan benar – meletakkan baterai di bagian kanan, selalu meminta toko memasangkannya sejak pertama beli dan memeliharanya dengan cara yang benar sesuai anjuran.

“Tapi itu meledak di wajah saya. Saya sudah kehilangan setidaknya 7 gigi, mengalami luka bakar tingkat 2 pada wajah dan leher serta telah menarik potongan plastik, gigi dan benda asing dari mulut, tenggorokan, dan bibir,” tambahnya.

Hall terus mengabari teman-teman (dan pihak berkepentingan lainnya) melalui akun Facebook. Dia juga memposting beberapa gambar dari rumahnya yang menunjukkan bagaimana ledakan itu begitu hebat hingga meninggalkan bekas terbakar di dinding rumah dan mematahkan tepi wastafelnya.

Insiden yang menimpa Hall ini sebenarnya bukan kali pertama terjadi dan menimpa roko elektronik. Ada beberapa insiden lain yang melibatkan meledaknya vaporizer. Baterai, dalam hal ini sering diyakini menjadi penyebab meledaknya vaporizer. Pada tahun 2014, US Fire Administration melaporkan, “bentuk dan konstruksi rokok elektronik dapat membuat mereka lebih mungkin dibandingkan produk lainnya dengan baterai lithium-ion memunculkan percikan api ketika baterai bermasalah.”

Hall sendiri dalam hal ini menggunakan baterai LG HG2 INR18650 LiMn 3,000 mAh untuk mentenagai perangkatnya. [IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here