telset

Paling Sering Diakses, Begini Cara Bikin Facebook Hemat Data

Telset.id, Jakarta – Salah satu aplikasi yang paling banyak menguras data, terutama saat terkoneksi dengan data selular adalah aplikasi sosial media, Facebook misalnya. Bukan karena secara sistem kurang optimal, tapi karena aplikasi ini paling sering diakses oleh pengguna.

Tidak mengherankan, mengingat banyak orang betah berlama-lama, atau rela  menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk memantau isi timeline di media sosial. Kini, dengan adanya Feed Video, keinginan untuk terus berlama-lama di aplikasi pun kian tak terhindarkan.

Nah, agar aplikasi Facebook tidak terlalu menguras data alias kuota, pengguna bisa melakukan pengaturan agar penggunaan data lebih efisien. Bagaimana caranya?

Langkah pertama, buka Aplikasi Facebook, lalu ketuk menu dengan ikon tumpuk yang ada di sudut kanan atas.

Facebook Hemat Data

Selanjutnya, gulir ke bagian bawah, ketuk menu Settings & Privacy

Langkah ketiga, gulir lagi ke bawah hingga bertemu dengan opsi Media dan Kontak

{Baca Juga: Facebook Diam-diam “Intip” Pengguna iPhone Lewat Kamera?}

Di menu ini Anda bisa mengatur lebih detail tentang penggunaan data, terutama untuk konten yang ditampilkan pada timeline. Beberapa menu dapat diatur untuk menghemat daya yaitu:

Upload Video in HD; Anda bisa menonaktifkan opsi unggahan video dengan kualitas HD. Dengan demikian akan lebih hemat data saat mengunggah video.

Upload Foto in HD; Sama seperti pada menu video, Anda bisa menonaktifkan opsi unggahan foto dengan kualitas HD. Dengan demikian akan lebih menghemat data saat mengunggah foto.

AutoPlay; Pada menu autoplay anda bisa memilih apakah autoplay video diaktifkan di koneksi selular maupun wifi, saat hanya menggunakan wifi, atau menon-aktifkan autoplay secara menyeluruh. Pilih opsi yang terakhir agar lebih menghemat data.

{Baca Juga: Facebook Luncurkan Fitur “Anti Kenangan Buruk”}

Itulah cara-cara yang dapat anda lakukan agar aplikasi Facebook tidak menguras data. Anda juga bisa menginstal aplikasi Facebook lite untuk lebih menghemat data. Karena aplikasi ini, secara ukuran file lebih kecil dan konten yang ditampilkan juga lebih minimalis.

Pada aplikasi Facebook Lite juga terdapat fitur Data Saver, sehingga pengguna benar-benar dapat menghemat data secara maksimal. Untuk mengaktifkan data saver pada Facebook Lite, cukup dengan akses menu tumpuk di kanan atas, lalu pilih Penggunaan Data, lalu aktifkan opsi Penghemat Data.

Facebook Data Lite Saver

Selamat mencoba! [IR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0