Maksimalkan Baterai Smartwatch Android dengan Cara Ini!

Telset.id – Smartwatch merupakan teknologi yang digadang-gadang bakal menjadi pengganti smartphone di masa depan, karena benar-benar bermanfaat bagi penggunanya. Perangkat ini dapat melakukan banyak hal yang menakjubkan, dan tentu saja benar-benar modern.

Namun terdapat kekurangan yang cukup mencolok dibanding jam tangan yang biasa kita pakai pada umumnya, yaitu daya tahan baterai. Ketika smartwatch digunakan setiap hari untuk menerima notifikasi atau memberitahukan waktu kepada penggunanya, dipastikan setiap hari perangkat ini harus diisi baterainya.

Nah, Tim Telset.id akan memberikan cara ampuh kepada pembaca setia, bagaimana cara memaksimalkan baterai smartwatch Android. Simak cara-caranya ya!

Atur Pencahayaan

cara hemat baterai smartwatch Android gbr 1Seperti pada ponsel kebanyakan, ketika layar dengan pencahayaan yang tinggi, tentu akan menghabiskan kapasitas baterai. Dengan menemukan suatu “kunci” untuk mengatur pencahayaan, mungkin saja dapat lebih menghemat pemakaian baterai di smartwatch. Kuncinya adalah turunkan intensitas cahaya pada layar untuk lebih menekan pemakaian baterai.

Matikan Fitur Always-on

cara hemat baterai smartwatch Android gbr 2Dengan memiliki fitur Always-on, kita memang dimudahkan karena jam pintar kita akan terus menyala tanpa harus ditekan pada layarnya terlebih dahulu. Namun kekurangannya adalah pemakaian baterai akan meningkat dan tentu menghabiskan daya baterai. Jadi, sebaiknya matikan fitur ini pada menu Settings untuk menghemat baterai.

Matikan Notifikasi yang Tidak Perlu

cara hemat baterai smartwatch Android gbr 3Notifikasi memang merupakan hal penting pada smartwatch. Kita dapat melihat notifikasi pada smartwatch tanpa harus membuka ponsel terlebih dahulu. Namun, perlu kita atur notifikasi agar yang muncul hanyalah notifikasi yang penting saja. Jadi tidak harus semua notifikasi yang muncul, karena itu dapat mempengaruhi daya tahan baterai smartwatch Anda.

Untuk menghematnya dan menjadikan perangkat Anda lebih berguna bagi Anda, kami sarankan untuk hanya mengaktifkan notifikasi dari aplikasi yang jadi fokus dan membuat Anda menjadi produktif. Untuk mengubahnya, gunakan aplikasi perangkat jam tangan Anda ini dari ponsel yang tersinkronisasi.

Tilting time-out

cara hemat baterai smartwatch Android gbr 4Memiringkan smartwatch (tilting) untuk menyalakan layar adalah fitur yang cukup memudahkan kita. Tanpa harus mengetuk atau menekan layar terlebih dahulu, smartwatch akan menyala otomatis jika kita memiringkan smartwatch atau menggerakkan tangan. Namun, kekurangannya adalah ketika ketika kita menggerakkan tangan kita, otomatis jam tangan akan menyala, dan itu tentu mempengaruhi daya tahan baterai. Jadi untuk menghematnya adalah mematikan fitur ini, “sibukkan” diri Anda sedikit saja untuk menekan layar ketika smartwatch mati untuk menghemat baterai.

Smart Settings

cara hemat baterai smartwatch Android gbr 5

Untuk lebih menghemat baterai, Anda dapat mengubah notifikasi menjadi mode Priority yang memungkinkan kita untuk mendapatkan notifikasi dari aplikasi yang diizinkan saja. Jadi jika aplikasi email tidak diizinkan, maka notifikasi dari aplikasi inipun tidak akan muncul. Atau jika benar-benar ingin menghemat baterai dan tidak ingin diganggu, silakan untuk mematikan semua notifikasi, termasuk alarm.

Selanjutnya adalah dengan menggunakan Theater mode. Mode ini cocok digunakan ketika Anda sedang menonton film atau sedang menyaksikan pentas. Dengan mode ini, smartwatch tidak akan menganggu Anda sampai Anda mengaktifkannya kembali. Jika memang Anda tidak ingin diganggu dan ingin menghemat baterai, nyalakan mode ini. Mode ini adalah cara ampun untuk menekan konsumsi baterai.

Terakhir adalah jika ingin mengubah smartwatch menjadi sedikit “bodoh” untuk sementara waktu, Airplane Mode adalah pilihan tepat untuk itu. Dengan mode ini, semua komunikasi, termasuk notifikasi atau penggunaan paket data akan benar-benar mati. Jadi ibaratnya smartwatch Anda akan benar-benar menjadi tidak berguna untuk sementara waktu. Namun hal ini sangat baik untuk dilakukan jika ingin menghemat baterai.[FHP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here