telset

Kenapa Kita Perlu Gunakan Cloud Backup?

Cloud backup adalah cara termudah untuk mendapatkan keamanan terhadap data-data penting Anda. Lewat layanan ini, data akan tersimpan di sebuah repositori online dan dapat diakses dimanapun, kapanpun Anda membutuhkannya.

Cara kerjanya adalah, unduh aplikasi cloud yang dipilih ke PC Anda, pilih folder yang ingin di-backup, dan upload folder tersebut sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Jadi, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, data Anda tetap akan aman tersimpan dan tetap bisa diakses.

Cloud Backup tidak menghilangkan kebutuhan akan mem-backup data dengan menggunakan HDD eksternal, namun ini adalah jalan lainnya agar data benar-benar aman tidak terganggu hal apapun.

Saat ini, dengan membayar biaya service Cloud Backup untuk menyimpan data penting merupakan hal termudah yang dilakukan banyak orang. Layanannya pun cukup mudah ditemukan misalnya, Backblaze, Carbonite, SpiderOak, dan banyak lagi. Bagian yang sulit adalah memahami bagaimana menggunakan Cloud Backup ini serta membiasakan diri dalam menggunakannya.

Cloud Backup vs Cloud Syncing

Ini adalah hal yang penting, yaitu membedakan antara Cloud backup dan Cloud Syncing seperti Dropbox atau Google Drive. Jika Anda selalu ingin menggunakan data yang sama dengan menggunakan perangkat yang berbeda-beda, gunakanlah Cloud Syncing. Tapi untuk urusan mem-backup data, pasti memakan waktu yang lumayan lama hanya untuk mencari data yang kita anggap paling penting, seperti pada Dropbox misalnya.

Kebanyakan, layanan Cloud Backup memberikan penyimpanan yang tidak terbatas kepada penggunanya. Kecuali SpiderOak yang memberikan batas penyimpanan, namun memberikan keamanan yang lebih daripada yang lainnya. Untuk mengetahui manakah yang terbaik, sebaiknya luangkan waktu untuk mencari tahu layanan yang ingin Anda pakai. Karena layanan itu nantinya akan menjadi tempat dimana data penting dan bersifat pribadi yang biasanya Anda rahasiakan.

Gunakan Enkripsi

Soal urusan keamanan, jangan khawatir, karena layanan Cloud Backup biasanya menyematkan enkripsi pada data Anda agar aman. Dan beberapa penyedia layanannya bahka memberikan password kepada pelanggannya untuk membuka enkripsi tersebut. Jadi jika data Anda terkunci, maka hanya Anda yang dapat membukanya. Jadi soal data, dipastikan aman. Jadi, ingin mencoba menyimpan data penting di Cloud Backup?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0