Jaga Komputer Anda dengan 9 Cara Ini

Computer Keyboard with symbolic padlock key

Telset.id – Sekarang ini, internet adalah cara yang paling sering digunakan oleh penjahat dibandingkan cara tradisional untuk mencuri uang, data penting, atau lainnya. Itulah sebabnya kita mulai dari sekarang harus ekstra hati-hati karena penjahat sekarang lebih pintar dan memiliki banyak cara untuk menggapai keinginannya. Tentu di era serba teknologi ini, hal utama yang harus dilindungi adalah komputer kita.

Tim Telset.id akan memberikan cara-cara agar tetap menjaga komputer Windows kita tetap aman dari para dedemit dunia maya.

1. Antivirus

Setiap kali Microsoft meluncurkan update untuk Windows, selalu yang ditingkatkan adalah antivirusnya. Aplikasi ini bekerja secara background, dan tentunya sangat berguna karena selain menghapus virus, program ini juga menghapus segala macam malware.

antivirus_1

 

2. Malware Scanner

Antivirus terbagus sekalipun bisa saja melewatkan beberapa serangan kepada komputer kita. Jadi, setiap seminggu sekali biasakan scan PC kita dengan program lain yang juga sama kuatnya. Kami merekomendasikan Malwarebytes Anti-malware.

antivirus2

3. Firewall

Seperti antivirus, program ini juga berjalan secara background setiap saat. Tapi bedanya adalah program ini mengontrol traffic antara PC dan seluruh jaringan (termasuk internet). Windows memiliki firewall yang sangat baik, tapi Anda harus memastikan program ini aktif. Cari firewall dan pilih Windows Firewall di control panel.

Pada panel sebelah kiri, klik Turn Windows Firewall on or off.

1124-firewall-1-100624809-large

 

Lalu, pilih opsi yang direkomendasikan.

 

Antivirus44. Update:

Pastikan Windows melakukan pembaharuan secara otomatis. Pada Windows 7 dan 8, cari dan jalankan Windows Update. Klik Change settings pada panel sebelah kiri. Pilih opsi Install updates automatically (recomended).

Antivirus 5

Pada Windows 10, cari Windows Update dan pilih Windows Updates Settings. Scroll ke bawah dan klik Advanced options. Pastikan Automatic (recomended) terpilih.

5. Dua Akun

Anda harus memiliki dua akun di PC Anda yaitu, akun administrator untuk mengatur semua pengaturan di Windows dan akun biasa yang hanya bisa untuk bekerja dan bermain. Jika terlanjur menggunakan satu akun saja yaitu administrator, jangan khawatir, buka User Accounts di control panels. Buat akun administrator yang baru, dan ubah akun sebelumnya menjadi Standard.

antivirus 6

 

6. Browser

Seperti Windows, browser juga perlu diperbaharui secara berkala untuk meningkatkan keamanannya. Silahkan buka pengaturan browser dan pastikan pembaharuan secara regular diaktifkan.

Antivirus 7

 

7. Enkripsi

Jika PC Anda dicuri, tentu Anda lebih memikirkan data di dalamnya kan dari pada PC yang dicuri? Nah lebih baik dari sekarang gunakan enkripsi untuk data yang bersifat sensitif.

Antivirus8

 

8. Password

Anda harus menggunakan password yang berbeda-beda untuk setiap website yang membutuhkan akses login. Tentu dengan password yang sangat kuat dan kompleks. Bagaimana cara untuk mengingat mereka semua, gunakan saja password manager.

antivirus 9

 

9. Email

Penyedia layanan email yang kita gunakan tentu memiliki filter spam yang mumpuni, namun tidak sempurna. Terkadang banyak pesan yang buruk masuk dengan mudahnya ke email kita. Jadi pastikan email Anda bersih dari berbagai spam yang kemungkinan terjangkiti malware. Lakukan pembersihan email secara kontinyu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here