telset
spot_img

Ini Tipe Password yang Paling Sering Dihack

Telset.id, Jakarta – Password merupakan “benteng” pertama kita untuk melindungi akun email, media sosial, dan lainnya dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun terkadang kita selalu dibuat pusing oleh password itu sendiri seperti mengingat kombinasi password yang kita miliki.

Akhirnya karena tidak ingin ribet untuk mengingat password, tak jarang kita pun membuat password yang sangat mudah diingat namun membuat akun kita menjadi sangat rentan diretas.

Misalnya menurut analisis terbaru berdasarkan kasus pada peretasan besar-besaran di akun Yahoo mengatakan bahwa rata-rata pengguna lebih memilih “123456” dan “password” sebagai password akun mereka.

Ternyata selain dua password tersebut, ada tipe password lainnya yang dinilai sangat rentan. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Lancaster University, Peking University, dan Fujian Normal University. Berikut tipe password yang sangat rentan untuk diretas:

  1. 123456
  2. password
  3. welcome
  4. ninja
  5. abc123
  6. 123456789
  7. 12345678
  8. sunshine
  9. princess
  10. qwerty

username-and-password

Selain kesepuluh tipe password tersebut, para peneliti juga menyebutkan jika password yang menggunakan informasi pribadi seperti nama, umur, dan tanggal ulang tahun juga sangat berpotensi untuk diretas.

Bagaimana para peneliti bisa tahu tipe password mana yang paling rentan? Itu karena mereka mengembangkan sebuah algoritma yang mampu menebak password dengan hanya 100 kali kesempatan saja. Itupun password yang sangat sulit.

Jika Anda memiliki password di antara kesepuluh password tersebut, segeralah untuk menggantinya. Tidak jika Anda tidak tahu bagaimana membuat password yang aman, Anda bisa mengikuti tips yang Tim Telset.id berikan ini:

  1. Gunakanlah password yang relevan dan ditambah dengan menggunakan karakter khusus. Misalnya anda ingin mengganti password email, maka ubah menjadi K0t4k$o3raT. Sulit kan?
  2. Buatlah password yang mudah diingat dan juga mudah diingatkan jika anda melihat sesuatu seperti anda senang melihat buku, jadi password yang bisa digunakan adalah buCkuT0eL1$.
  3. Buat password lebih dari 10 karakter, termasuk huruf besar, angka, dan simbol.
  4. Semakin pribadi password tersebut, maka semakin baik. Contohnya seperti 43vEr@l0N3.

 

SourceMirror

4 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0