Ini Keunggulan Galaxy Note 7 Dibanding iPhone 7 Plus

Telset.id, Jakarta –  iPhone 7 Plus menjadi seri iPhone tercanggih (jika boleh dibilang terbaik) untuk saat ini. Apple membekali sejumlah fitur keren yang belum pernah ada di seri iPhone sebelumnya. Akan sangat menarik jika iPhone 7 Plus disandingkan dengan Galaxy Note 7. Ada beberapa keunggulan Galaxy Note 7 dibandingkan iPhone 7 Plus. Apa saja?

Tak ada yang dapat membantah iPhone 7 Plus hadir dengan membawa fitur-fitur baru yang menarik, seperti varian warna Jet Black, tahan air, kamera belakang ganda, dan peningkatan kerja yang signifikan. Semua itu membuat iPhone 7 Plus layak menyandang predikat sebagai iPhone terbaik yang pernah diluncurkan Apple.

Tapi bagaimana jika iPhone 7 Plus kita bandingkan dengan Samsung Galaxy Note 7? Terlepas dari “kasus recall” yang saat menimpanya, tak ada keraguan untuk memberikan predikat smartphone terbaik kepada Galaxy Note 7.

Phablet buatan Samsung yang dirilis pada Agustus lalu ini juga menawarkan segudang fitur keren dan performa yang kuat. Dari sisi desain, Galaxy Note 7 juga sangat menggoda, karena body lengkungnya memang keren. Tapi untuk urusan desain, tentunya agak subyektif, karena akan kembali pada selera si pengguna.

[Baca juga: iPhone 7 vs iPhone 7 Plus Apa Bedanya]

Untuk itu, kita tidak akan bicara terlalu jauh soal desain, karena hanya akan membuat perdebatan yang tak berujung. Begitupun untuk sistem operasi, tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, baik iOS maupun Android.

Kali ini kita tidak akan membahas soal desain dan sistem operasi, tapi lebi pada fitur-fitur yang diusung kedua smartphone keren ini. Meski sulit – karena selera masing-masing orang berbeda – tapi setidaknya kita akan coba membandingkan siapa yang memiliki fitur lebih baik.

Kita mulai dari layar. iPhone 7 Plus memiliki display IPS LCD 5,5 inci dengan tingkat resolusi 1920 x 1080 (401ppi). Sementara Galaxy Note 7 memiliki display Super AMOLED 5,7 inci dengan tingkat resolusi 1440 x 2560, sehingga menghasilkan kepadatan piksel 518ppi. Harus diakui, untuk urusan layar Galaxy Note 7 lebih baik karena memiliki resolusi layar lebih tinggi.

[Baca juga: Cara Backup iPhone Sebelum Upgrade iOS 10]

Berikutnya kita akan membandingkan kapasitas memori. Lagi-lagi, Galaxy Note 7 lebih unggul karena didukung slot untuk kartu microSD. Secara kapasitas, Galaxy Note 7 memang hanya tersedia dalam varian internal storage 64GB, tapi didukung slot untuk kartu microSD berkapasitas lebih dari 200GB. Sedangkan iPhone 7 Plus tersedia dalam varian internal storage 32GB, 128GB dan 256GB tanpa ada dukungan slot kartu microSD.

Keunggulan tersebut tentu akan terkait dengan uang yang akan Anda rogoh dari kantong. Misalnya untuk pasar Eropa, iPhone 7 Plus varian 32GB dijual seharga USD 769, Anda harus menambah USD 100 untuk mendapatkan varian 128GB atau USD 200 untuk mendapatkan varian 256GB.

Selanjutnya kita akan beralih ke RAM. Galaxy Note 7 kembali unggul karena dibekali kapasitas RAM sebesar 4GB. Sementara iPhone 7 Plus menggunakan RAM 3GB. Bahkan Samsung sudah mengkonfirmasi akan segera meluncurkan Galaxy Note 7 varian 6GB.

[Baca juga: Samsung Galaxy Note 7 Cocok Buat Hiburan]

Fitur lain yang sering diperhatikan pengguna adalah battery life atau daya tahan baterai. Meski saat ini Galaxy Note 7 sedang bermasalah dengan baterai hingga memaksa Samsung me-recall Galaxy Note 7 dari pasaran, namun smartphone ini sejatinya memiliki battery life yang lebih baik.

Dengan kapasitas baterai sebesar 3.500mAh, Galaxy Note 7 mampu bertahan hingga 16,46 jam untuk memutar video. Sementara iPhone 7 Plus menawarkan battery life 14 jam untuk memutar video. Keunggulan lainnya, Galaxy Note 7 sudah didukung fitur fast wireless charging, sementara iPhone 7 Plus tidak.

Fitur terakhir yang akan dibandingkan adalah water resintance atau tahan air. Galaxy Note 7 ternyata memiliki fitur tahan air dengan sertifikasi lebih tinggi dibanding iPhone 7 Plus. Galaxy Note 7 mengantongi sertifikasi IP68 yang mampu bertahan dalam air dengan kedalaman hingga 1,5 meter selama 30 menit. Sedangkan iPhone 7 Plus memiliki sertifikasi IP67 yang mampu tahan di air hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.

[Baca juga: Samsung Galaxy Note 7 Cocok Buat Hiburan]

Jika melihat perbandingan di atas, maka dapat disimpulkan Galaxy Note 7 memiliki fitur-fitur yang lebih unggul dibandingkan iPhone 7 Plus. Sayangnya, Galaxy Note 7 saat ini sedang menghadapi masalah pada baterai, yang membuat Samsung harus menarik kembali smartphone tersebut. Namun terlepas dari masalah tersebut, pilihan tetap ada pada Anda, mau memilih iPhone 7 Plus atau Galaxy Note 7. [HBS]

iphone-7-plus-vs-galaxy-note-7-spek

iphone-7-plus-vs-galaxy-note-7-spek-2

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here