telset

Ini Dia 7 Trik Rahasia di WhatsApp

WhatsApp dengan fitur Read ReceiptsJakarta – WhatsApp, dengan lebih dari 700 juta pengguna aktif, seolah sudah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Keberadaannya bahkan sudah menggantikan SMS. Dan kini, WhatsApp ingin menggusur fungsi telpon konvensional melalui fitur voice calling yang baru saja diluncurkannya.

Tapi tahukah Anda bahwa WhatsApp sebenarnya menyimpan lebih banyak potensi ketimbang apa yang biasa kita gunakan sehari-hari. Misalnya saja, WhatsApp bisa digunakan untuk memata-matai pacar Anda, atau sekadar menyembunyikan foto kiriman WhatsApp agar tak tampil di Gallery. Bagaimana caranya? Well, berikut adalah 7 trik rahasia di WhatsApp. Check this out!

[quote_center]1. Sembunyikan “Last Seen” Timestamp di Whatsapp[/quote_center]

Screenshot_2015-04-02-20-00-26WhatsApp sebenarnya dilengkapi fitur yang memungkinkan Anda untuk melihat kapan terakhir kali Anda atau teman Anda menggunakan WhatsApp. Tapi karena terkait dengan privasi, fitur ini di nonaktifkan secara default.

Tapi jika Anda ingin mengaktifkan fitur ini, Anda bisa masuk ke WhatsApp > Menu > Settings > Account > Privacy. Lalu pilih siapa saja yang boleh melihat status “last seen”, apakah teman saja atau siapa saja.

2. Backup dan Restore WhatsApp Chats

Screenshot_2015-04-02-20-00-47Pesan yang ada di WhatsApp secara otomatis disimpan ke memori ponsel setiap hari. Tapi pesan tersebut akan hilang jika Anda “clear conversation” atau uninstall WhatsApp. Lalu bagaimana jika  ingin menyimpan pesan yang dianggap penting?

Mudah, cukup masuk ke aplikasi WhatsApp > Menu Button > Settings > Chat Settings. Lalu tap Backup Conversations.

Untuk mem-backup dan melihat pesan yang tersimpan, pilih email conversation dari menu yang sama. Lalu kirim ke alamat email Anda atau teman Anda. Setelah itu lihat attachment yang berformat TXT yang bisa dibaca di handphone ataupun PC. Mudah bukan?

3. “Kunci” WhatsApp Anda

Screenshot_2015-04-02-20-02-14Sebagai salah satu tools komunikasi, WhatsApp menyimpan banyak hal, mulai dari percakapan remeh temeh sampai yang sangat penting. Nah… jika ingin percakapan di WhatsApp tidak dibaca orang lain tanpa sepengatahuan Anda, maka cobalah untuk mengunci WhatsApp dari tangan-tangan jahil.

Bagaimana caranya? Simple, cukup install aplikasi messenger and chat lock di Google Play Store.

4. Menyembunyikan Foto-Foto WhatsApp Agar Tidak Muncul di Gallery

Screenshot_2015-04-02-19-22-25WhatsApp jadi salah satu sumber foto dan video. Terkadang kita bahkan kesulitasn mencari foto hasil jepretan kamera lantaran tertindih oleh banyaknya foto yang dikirim dalam percakapan WhatsApp.

Nah… untuk menghindari hal tersebut, “cegahlah” foto WhatsApp agar tidak tampil di Gallery. Caranya mudah, Anda hanya perlu menginstall aplikasi File Manager seperti ES File Explorer.

Setelah itu, buka aplikasi ES File Explorer lalu pilih folder WhatsApp dan cari folder images. Setelah itu masuk ke folder tersebut dan buat file dengan nama .nomedia dengan cara meng-klik tombol “new” yang ada di kiri bawah layar. Selesai! Foto yang dikirim via WhatsApp tak lagi muncul di gallery, tapi tetap bisa dilihat via WhatsApp.

5. Mengubah Nomor Telpon WhatsApp Anda

Screenshot_2015-04-02-20-03-07Seperti diketahui, WhatsApp menggunakan nomor telpon untuk identifikasi user. Lalu bagaimana jika Anda ingin mengganti nomor telpon? Apakah semua kontak WhatsApp Anda akan hilang? Atau haruskan Anda memberi tahu nomor telpon yang baru ke WhatsApp group dan teman Anda satu persatu?

Tenang, Anda tidak perlu melakukan itu semua. Yang perlu Anda lakukan hanya buka aplikasi WhatsApp lalu ke menu Setting > Account > Change Number. Setelah itu, masukkan nomor lama Anda (pada kolom bagian atas), lalu isi nomor baru Anda (kolom bagian bawah). Verifikasi nomor baru Anda lalu semua chat history, groups, foto, dan sebagainya akan di migrasi ke nomor baru Anda. Selamat mencoba!

6. Download dan Install Whatsapp in Windows PC

WhatsApp web tutorial 2Saat dikantor atau di depan laptop, chatting dengan HP seringkali merepotkan. Untuk itu, WhatsApp memungkinkan penggunanya untuk chatting melalui PC. Cara ini pernah kami tulis sebelumnya dalam artikel berjudul Cara Gunakan WhatsApp via WEB.

7. Memata-matai Akun WhatsApp Pacar Menggunakan WhatsDog

Screenshot_2015-04-02-19-59-28Jika Anda mau memata-matai pacar atau teman, Anda bisa menggunakan aplikasi WhatsDog. Dengan aplikasi ini, Anda bisa memonitor aktifitas akun WhatsApp lainnya.

6 KOMENTAR

  1. utk yg ttg nyembunyiin media spy gak muncul di galeri itu apkah status hp hrus sudah rooted.?. soalnya baru aku cb td, gagal utk buat file ".nomedia".,.

  2. Gak perlu rooted mas. Bikin file nya di dalam folder whatsapp>whatsapp images>. Untuk percobaan di atas, saya menggunakan xperia z3 compact dan bantuan aplikasi es file explorer.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0