Ini Artinya Rating IP68 pada Ponsel “Anti Air”

Telset.id, Jakarta – Fitur water-resistance pada ponsel pintar premium sudah seperti sebuah keharusan. Contoh saja Samsung Galaxy S8 dan S8+ yang sudah memiliki sertifikat Ingress Point (IP) 68. Namun, apakah arti dari sertifikasi rating IP68 tersebut?

Ingress Protection Rating atau yang lebih sering disebut sebagai IP merupakan kode standar dalam mengklasifikasi perlindungan dari sebuah peralatan elektronik yang disusun oleh International Electrotechnical Commission (IEC).

IP sendiri terdiri dari dua buah kode yang digabungkan. Kedua kode ini memiliki penilaian perlindungan dan tingkatannya tersendiri.

Untuk kode pertama adalah perlindungan dari benda padat yang memiliki tujuh tingkatan, dimulai dari 0 hingga 6. Masing-masing indikator memiliki indikasi proteks terhadap gangguan dari kontak langsung, semisal tangan atau debu.

Sedangkan untuk kode kedua merupkanan tanda seberapa tahan peralatan eletronik dalam menahan benda cair. Kodekedua ini memiliki sembilan tingkatan yang dimulai dari 0 hingga 8.

Jadi, indikasi IP 68 pada Samsung Galaxy S8 dan S8+ memiliki arti perangkat tersebut dapat terlindung dari terpaan debu yang berbahaya dikarenakan memiliki kode pertama yakni 6.

Sedangkan kode 8 pada kedua ponsel tersebut mengindikasikan ponsel tersebut dapat bertahan di kedalaman lebih dari 1 meter dalam waktu yang telah ditentukan. Samsung mengklaim ponsel tersebut dapat bertahan di air sedalam 1,5 meter dalam waktu 30 menit.[NC/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0