Update Google Photos untuk iOS Bisa Live Photo

Telset.id, Jakarta –  Google telah menggulirkan update aplikasi Google Photos versi 1.8.0 untuk perangkat iOS. Pengguna iPhone dan iPad kini bisa menyimpan cadangan (backup) foto di fitur Live Photos ke akun Google Photos tanpa batas (unlimited).

Dua fitur baru yang dibawa dalam update ini memberikan dukungan untuk backup Live Photo dan Split View untuk perangkat iOS. Dengan fitur backup Live Photo, pengguna iPhone dapat menampilkan dan backup Live Photo di layanan cloud storage Google.

Live Photo sendiri adalah fitur yang bisa merangkai gambar/ foto yang berisi suara, dimana gambar bergerak dengan menangkap beberapa detik sebelum dan sesudah mengambil foto. Fitur ini pertama kali diperkenalkan di iPhone 6s dan iPhone 6s Plus.

Sebelumnya, perangkat dengan sistem operasi iOS 9+ atau OS X El Capitan atau versi di atasnya tidak bisa mengakses Live Photos, apalagi jika foto tersebut ditransfer ke platform yang tidak kompatibel. Begitupun berlaku untuk file video. Dengan demikian, layanan backup seperti Google Photos tidak bisa menyimpan data penggunanya.

Namun pada Desember 2015 lalu, Apple kemudian membuat Live Photos terbuka untuk berbagai platform. Sejak itulah kemudian berbagai dukungan berdatangan, seperti dari Facebook, Tumblr, dan sekarang Google Photos.

Fitur penting kedua dalam update ini adalah Split View, yang memungkinkan pengguna iPad dapat membuka dua aplikasi secara berdampingan pada layar agar bekerja lebih produktif. Tapi untuk bisa menjalankan fitur ini, iPad harus berjalan minimal iOS 9.0 atau yang lebih baru.

Selain menghadirkan fitur Live Photo dan Split View, update ini juga membawa peningkatan performa, meningkatkan menu vavigasi, mengurangi penggunaan cache dan memberikan dukungan untuk iPad Pro.

Bagi Anda yang belum melakukan update, Anda dapat meng-upgrade penyimpanan Google Drive Anda untuk menyimpan foto resolusi penuh dengan mendownload Google Photos versi 1.8.0 di iTunes App Store.[HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here