Google Perkenalkan Launcher Baru untuk Nexus 2016

Telset.id, Jakarta – Google kemungkinan besar akan merilis Android Nougat terlebih dahulu sebelum meluncurkan perangkat Nexus yang terbaru. Namun itu tidak berarti Google terlalu berfokus pada Android Nougat saja, karena menurut laporan dari Android Police bahwa Google benar-benar mendesain ulang launcher┬ábaru untuk Nexus 2016.

Launcher baru untuk Nexus 2016 tersebut, terdapat beberapa hal yang diubah. Pertama, Google akan menghilangkan ikon launcher pada desain ini. Sebagai gantinya, pengguna hanya tinggal menggeser layar dari bawah ke atas untuk menampilkan daftar aplikasi daripada harus menekan tombol launcher.

nexus2cee_drawer_loop1_thumb

Dengan mengikuti arah dari panah kecil berwarna putih yang menunjuk ke atas, daftar aplikasi yang ada akan muncul menutupi layar utama dengan warna putih buram. Dengan dihilangkannya ikon launcher juga, Google bisa menaruh lima aplikasi di bawah layar utama (biasanya empat aplikasi saja).

Kedua, pada perubahan ini juga, search bar dihilangkan dan diganti dengan ikon berbentuk G yang dapat ditekan untuk memulai pencarian. Pengguna masih bisa mengakses Google Now dengan cara menggeser layar ke kanan. Perubahan ketiga adalah pada sebelah kanan atas layar, terdapat widget kalender yang ditaruh secara permanen oleh Google. Widget ini hanya muncul di layar utama saja.

nexus2cee_overview_loop1_thumb

Android Police juga mencatat bahwa launcher baru ini tidak akan berjalan pada perangkat yang memiliki OS Android Nougat karena beberapa fitur tidak akan bisa berjalan maksimal. Kemungkinan besar launcher ini akan diintegrasikan dengan Google Assistant. Ide dari launcher ini memang sangat bagus karena akan membuat layar utama smartphone menjadi semakin efisien.[FHP/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -