Foto di HP Hilang Sendiri, 5 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

foto di hp hilang

Telset.id, Jakarta – Saat ini sudah banyak tersedia pilihan smartphone dengan fitur kamera yang oke. Hal ini mau tidak mau membuat pengguna jadi rajin foto-foto di mana pun dan kapanpun. Tapi, pernah nggak sih Anda mengalami insiden mengerikan ketika foto di HP hilang sendiri?

Kejadian ini tentu akan sangat menyebalkan. Apalagi jika foto yang hilang itu merupakan foto yang diambil di momen-momen terpenting dan tak mungkin terulang.

Lantas apa sebenarnya yang membuat foto di HP hilang secara misterius? Berikut ini kami mengumpulkan beberapa hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Yuk disimak!

Smartphone Terkena Virus

Hal ini sangat mungkin terjadi, mengingat virus bisa melakukan beermacam hal di sistem smartphone, tak terkecuali dengan menghapus file dan foto-foto. Maka dari itu, hindari melakukan hal yang berpotensi memasukkan virus ke dalam smartphone. Seperti mengunduh file atau aplikasi dari tempat yang tidak semestinya, atau melakukan klik pada tautan yang tidak jelas asal usulnya.

{Baca Juga: 5 Cara Foto Bokeh di Smartphone Pakai Single Kamera}

Untuk menghindarinya, Anda bisa memasang aplikasi antivirus Android yang saat ini sudah banyak tersedia dan dapat diunduh secara gratis di Google Play Store.

Encode Tidak Berjalan Normal

Saat encode atau sandi yang ada foto berjalan tidak normal, ada kemungkinan membuat foto Anda tidak dapat tampil sebagaimana mestinya. Penyebabnya bisa karena beragam hal. Seperti adanya virus seperti yang disebutkan di atas, atau memang foto atau gambar tersebut telah rusak saat diunduh.

Sering Lepas Pasang MicroSD

Jika foto di hp Anda yang tiba-tiba hilang merupakan foto yang disimpan di memori eksternal, ada kemungkinan masalahnya terletak pada microSD. Biasanya disebabkan karena pengguna sering melepas dan pasang microSD.

Kebiasaan tersebut bisa menjadi pemicu foto-foto yang tersimpan di sana hilang atau rusak. Maka dari itu sangat disarankan untuk melepas microSD hanya saat benar-benar diperlukan saja.

Banyak File Sampah

Penyebab foto di HP hilang yang selanjutnya adalah disebabkan oleh banyaknya file sampat yang tersimpan di smartphone. File-file sampah ini bikin memori smartphone sesak dan kemungkinan bisa mengganggu file lain seperti foto.

{Baca Juga: Tips Edit Foto Instagram Pakai VSCO, Biar Banyak Like!}

Maka dari itu disarankan untuk secara rutin membersihkan file-file sampah. Telah banyak aplikasi tersedia, sehingga file-file sampah tidak menumpuk dan performa smartphone Anda tetap terjaga.

Memori Penyimpanan Terlalu Penuh

Memori internal yang terlalu penuh juga bisa menjadi penyebab foto-foto di HP hilang. Saat notifikasi memori internal penuh, sebaiknya segera hapus file-file yang tidak lagi diperlukan.

Solusi lainnya Anda bisa menggunakan microSD. Pindahkan file-file dengan ukuran yang besar ke microSD untuk memberikan ruang yang lebih lega di memori internal.

Nah, itu dia beberapa penyebab yang mungkin saja membuat foto di HP hilang secara misterius. Semoga bermanfaat! (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here