Cuma 5 Menit, Laptop Tampak Seperti Baru Lagi

Telset.id – Laptop andalan sudah menemani Anda bertahun-tahun? Ingatkah Anda kapan terakhir kali membersihkannya? Nah, kalau Anda lupa,  sudah bisa dipastikan, perangkat pendukung kerja Anda yang satu ini pasti terlihat kusam dan bahkan berminyak.

Bukan cuma laptop, tapi juga smartphone, headset hingga mouse Anda juga pasti butuh perhatian lebih kali ini.

Kondisi gadget yang kotor bisa menurunkan performanya dalam bekerja. Mesin ventilasi udara bisa tersumbat kemudian menyebabkan mesin overheat.

Tapi semua itu bisa dicegah dengan cara membersihkannya secara berkala. Tenang, tidak akan memakan banyak waktu sekaligus antirepot. Anda hanya butuh waktu 5 menit untuk membuat perangkat menjadi terlihat baru. Yuk, ikuti tipsnya berikut ini:

Perlengkapan

1. Kain microfiber

Jangan gunakan paper towels atau kain lap yang biasa Anda gunakan untuk kaca mata Anda karena biasanya justru akan meninggalkan debu bahkan menggores permukaan perangkat Anda. Gunakan kain microfiber yang memang diperuntukkan membersihkan permukaan barang-barang rumah tangga, siapkan senantiasa di meja kerja Anda.

2. Compressed gas duster

Produk gas duster bisa diperoleh di toko-toko khusus komputer, untuk membantu Anda mengeluarkan debu dari dalam mesin rangka komputer.

3. Produk disinfektan semprot

Keyboard komputer atau laptop adalah sarang berkembang biaknya kuman, karena itulah, kali ini penting untuk Anda tidak hanya membersihkan yang terlihat, tetapi juga yang tidak terlihat oleh mata.

4. Alkohol Isopropil dan kapas atau cotton bud

Cara membersihkan

  1. Back up data-data penting Anda. Sedikit repot, tapi ini penting untuk jaga-jaga.
  2. Copot baterai. Membersihkan gadget akan lebih aman jika dalam keadaan mati, tidak teraliri listrik sama sekali. Bahkan, Anda bisa copot baterainya jika memang diperlukan.
  3. Alkohol masih jauh lebih baik dibandingkan membersihkan dengan air karena alkohol masih lebih cepat mengering dalam hitungan detik. Jikalaupun Anda merasa lebih aman menggunakan air biasa, jangan langsung memercikkan atau meneteskan air ke permukaan perangkat Anda. Gunakanlah kain basah atau spons agar tidak meninggalkan sisa air di sela-sela permukaan laptop Anda.
  4. Untuk menghilangkan minyak pada permukaan dan sela-sela antara tombol keyboard laptop, Anda bisa menggunakan produk pembersih elektronik dan cotton bud.
  5. Ingatlah untuk selalu membersihkan secara lembut dan perlahan untuk menghindari kesalahan atau kerusakan pada perangkat Anda.

Sekarang pasti perangkat andalan Anda sudah tampak seperti baru lagi. Mungkin tanpa kita sadari, bekerja dengan menggunakan perangkat yang bersih bisa membuat Anda lebih produktif. Jadi, tunggu apa lagi? [WIN/HBS]

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here