Chatbot WhatsApp Covid-19 Aktif, Begini Cara Pakainya

Chatbot WhatsApp Covid-19

Telset.id, Jakarta Kominfo mengembangkan chatbot WhatsApp bernama “covid19.go.id” yang berisi informasi tentang penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Indonesia. Lalu, bagaimana cara menggunakan chatbot WhatsApp covid19.go.id ini?

Sekadar informasi, chatbot WhatsApp dibuat atas kerjasama antara Kominfo, Facebook dan Telkom Group. Chatbot tersebut nantinya akan membantu masyarakat dalam memperoleh informasi terbaru mengenai virus Corona di Indonesia.

Nah, berikut ini tim Telset.id akan memberikan tutorial cara menggunakan chatbot WhatsApp covid19.go.id. Yuk disimak!

{Baca juga: Akun Chatbot WhatsApp Terkait Virus Corona Meluncur}

  • Pertama, pengguna bisa menyimpan nomor 081-113-339-9000 atau dengan mengakses tautan ini.

Chatbot WhatsApp

  • Selanjutnya, pengguna harus mengirimkan chat “Halo” atau “Selamat Pagi” untuk mendapat respon dari chatbot tersebut.
  • Nantinya, akan muncul balasan pesan awal yang mengarahkan pengguna untuk memberikan perintah berdasarkan huruf untuk mengetahui informasi terkini soal wabah Covid-19.
  • Beberapa informasi yang bisa didapatkan adalah, kabar terbaru mengenai wabah virus Corona di Indonesia, cara melindungi diri dari penyebaran Covid-19, hingga rumah sakit rujukan yang tersedia.

Chatbot WhatsApp Virus Corona Covid-19

  • Apabila pengguna mengetik salah satu dari huruf A sampai G, chatbot akan memberikan informasi berdasarkan jenis pertanyaan yang diajukan pengguna.

Chatbot WhatsApp Virus Corona Covid-19

Meski mudah digunakan, tapi berdasarkan pantauan dan pengalaman tim Telset.id, respon dari chatbot ini masih cukup lambat. Ada jeda 1-5 menit sebelum akhirnya pengguna bisa mendapatkan jawaban dari chatbot tersebut. So, selamat mencoba! (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here