Home HOW TO Cara Mudah Install Update Windows 10 21H1, Khusus Insiders!

Cara Mudah Install Update Windows 10 21H1, Khusus Insiders!

Telset.id – Akhir April lalu, Microsoft mengumumkan akan merilis update Windows 10 versi Mei 2021 atau 21H1. Pembaruan ini baru tersedia untuk pengguna Windows Insiders dan seharusnya akan digulirkan untuk umum pada bulan Mei mendatang.

Update Windows 10 versi Mei 2021 ini membawa beberapa fitur baru dan sejumlah peningkatan minor. Misalnya saja sistem keamanan berbasis pengenalan wajah, Windows Hello.

Sistem operasi Windows 10 21H1 akan menetapkan kamera eksternal sebagai kamera utama, ketika perangkat pengguna memiliki kamera eksternal dan internal. Sistem operasi ini juga meningkatkan kinerja dari Windows Defender, termasuk mengoptimalkan pembukaan dokumen yang ada.

Kemudian, Microsoft juga memperbarui peningkatan kinerja untuk mendukung skenario kerja jarak jauh melalui Windows Management Instrumentation (WMI) Group Policy Service (GPSVC).

Nah, berikut ini cara install update Windows 10 versi 21H1 atau Mei 2021 bagi Anda para pengguna Windows Insider Program. Yuk simak selengkapnya!

{Baca juga: Cara Lengkap Partisi Hardisk di Windows, Tanpa Harus Install Ulang}

Cara Install Windows 10 versi Mei 2021 via Windows Insider

Bagi Anda pengguna Windows Insider Program, Anda berhak mendapatkan pembaruan Windows 10 21H1 jauh sebelum perilisan resmi. Berikut cara mendapatkannya:

  • Masuk ke SettingsUpdate & Security. Kemudian pilih Windows Insider Program.

  • Klik Get Started, dan tekan Link an account dengan masuk menggunakan akun Microsoft Anda.

  • Setelah menambahkan akun, Anda akan diberi opsi untuk memilih saluran. Pilih sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. Tenang, Anda masih dapat mengubahnya nanti.

  • Lalu, restart komputer atau laptop Anda.

  • Masuk kembali ke SettingsUpdate & Security. Pilih Windows Update dan Check for updates. Anda langsung diberikan opsi untuk install Windows 10 versi Mei 2021 atau 21H1.

  • Klik tombol Download and Install. Jika sudah, otomatis perangkat Anda akan melakukan reboot untuk menyelesaikan proses instalasi.

Cara Install ISO Windows 10 versi 21H1

Cara lainnya, Anda dapat install ulang Windows 10 menggunakan file ISO yang disediakan oleh Microsoft. Berikut caranya:

  • Masuk ke situs Windows Insider Program ISO (https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windowsinsiderpreviewiso), dan pilih varian teratas dari Windows 10 Insider Preview yang tersedia.

  • Pilih bahasa dan versi bit dari OS yang diinginkan dengan menekan tombol 32-bit Download atau 64-bit Download.

  • Buka file ISO tersebut melalui File Explorer, dan klik dua kali di bagian Setup.
  • Di halaman Ready to Install, Anda dapat menyesuaikan beberapa hal lain sebelum melakukan instalasi. Misalnya, tetap menyimpan file dan aplikasi personal dan lain sebagainya.

  • Tunggu beberapa saat sampai proses install selesai, dan lakukan reboot untuk menyelesaikan proses instalasi.

{Baca juga: Cara Install Ulang Windows 10 dengan Flashdisk atau DVD, Lengkap!}

Setelah Windows 10 versi 21H1 sudah dirilis ke pengguna umum, proses ini akan sedikit berubah. Untuk memperbaruinya, bisa melalui Windows Update tanpa perlu mendaftar ke program Windows Insider.

Proses ISO juga sama, Anda hanya perlu install ulang via USI menggunakan Windows 10 Media Creation Tool alih-alih halaman situs Windows Insider Program. (MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version