Cara Tukarkan Telkomsel Poin Jadi Pohon, Buat Kurangi Emisi Karbon!

Telset.id – Telkomsel meluncurkan program Carbon Offset kepada pelanggan. Melalui program ini pelanggan Telkomsel bisa menukarkan Telkomsel Poin yang dimiliki dengan bibit pohon yang nantinya akan ditanam di beberapa titik di Indonesia.

Program Carbon Offset adalah bagian dari aksi CSR Telkomsel Jaga Bumi. Carbon Offset hadir karena kondisi emisi karbon tepatnya emisi gas rumah kaca di Indonesia yang terus mengalami peningkatan.

Berdasarkan Laporan Inventarisasi Gas Rumah Kaca (GRK) dan Monitoring, Pelaporan, Verifikasi (MPV) yang dirilis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada 2021, Indonesia menghasilkan emisi gas rumah kaca sekitar 1,86 miliar ton karbon dioksida ekuivalen (CO2e) pada tahun 2019.

Secara kumulatif, emisi gas rumah kaca nasional pada tahun 2019 meningkat jauh dibandingkan jumlah emisi tahun 2010, yaitu 809,9 juta ton CO2e.

Atas dasar itu, Telkomsel dan Jejakin memutuskan untuk meluncurkan program Carbon Offset, yakni program penyelamatan lingkungan dengan tujuan untuk menyerap emisi karbon yang ada di Bumi.

BACA JUGA: 

Bentuknya dengan menanam pohon, karena pohon dapat menyerap emisi karbon di udara. Di Carbon Offset, Telkomsel mengajak pelanggan untuk berpartisipasi dalam program penanaman pohon ini.

Caranya dengan menukarkan Telkomsel Poin dengan bibit pohon. Rencananya program Carbon Offset atau penanaman pohon yang dilakukan Telkomsel dan Jejakin ini tidak hanya dilakukan di Taman Mangrove saja, tetapi juga di 8 titik lain yang ada di Bali, Kalimantan Barat dan Jawa Tengah.

Penanaman pohon akan dilakukan setiap 3 bulan sekali, dan pelanggan Telkomsel pun bisa mendapatkan informasi mengenai laporan program Telkomsel Carbon Offset melalui email.

Untuk mendapatkan laporan progress update dan monitoring secara berkala melalui email tentang pohon yang mereka kontribusikan, pelanggan dapat mengisi data nama dan email pelanggan pada short link yang akan muncul di SMS notifikasi Telkomsel Poin mereka

Cara Tukarkan Telkomsel Poin dengan Bibit Pohon 

Cara untuk menukarkan atau redeem Telkomsel Poin dengan bibit pohon, di program Carbon Offset sangat mudah. Nantinya selain menukarkan poin, Anda akan mendapatkan edukasi seputar emisi karbon, serta bisa menghitung jejak karbon yang dikeluarkan setiap harinya.

BACA JUGA:

Semua proses ini dilakukan melalui aplikasi MyTelkomsel dan berikut ini cara selengkapnya untuk Anda.

  • Buka aplikasi MyTelkomsel di smartphone.
  • Gulirkan layar ke bawah dan klik banner Telkomsel Jaga Bumi, Carbon Offset yang berwarna hijau.

Cara tukar poin jadi pohon

  • Silakan baca mengenai emisi karbon, dan setelah selesai membaca silakan klik Hitung Jejak Karbon, untuk menghitung total jejak karbon yang Anda produksi.

Cara Tukar Poin Emisi Karbon

  • Baca kembali mengenai fitur ini, dan klik Mulai Kalkulasi.

cara tukar telkomsel poin

  • Isi data mengenai pemakaian smartphone, laptop, AC, kendaraan dan lain sebagainya. Usai diisi semua tekan tombol Hitung.

Jaga Bumi Carbon Offset

  • Anda akan memperoleh informasi seputar total jejak karbon yang diproduksi, serta jumlah pohon yang dibutuhkan untuk menyerap karbon Anda.
  • Lalu Anda diajak untuk menukarkan Telkomsel Poin dengan pohon. Formatnya 50 poin setara dengan 0,1 bibit pohon yang mampu menyerap 2,93 kg CO2e, dan 500 poin dapat ditukarkan dengan 1 pohon yang mampu menyerap 29,22 kg CO2e.
  • Pilih poin yang ingin ditukarkan dan klik Tukar.

Carbon Offset

  • Ikuti tahapannya sampai akhir, dan Anda akan mendapatkan notifikasi dan SMS kalau penukaran poin berhasil dilakukan.
  • Cara lainnya, Anda juga bisa melakukan penukaran Poin melalui SMS ke 777 dengan mengetik JAGBUMI5 untuk menukarkan 50 Poin atau JAGBUMI50 untuk menukarkan 500 Poin sekaligus.

BACA JUGA: 

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin berpartisipasi, untuk mengurangi emisi karbon di Bumi, khususnya di Indonesia. Selamat mencoba! [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0