telset

Cara Praktis Update Software di PC Windows

Telset.id, Jakarta – Kaspersky Lab secara resmi merilis Kaspersky Software Update, sebuah aplikasi gratis, diperuntukkan bagi komputer dengan sistem operasi Windows, yang mampu memperbarui perangkat lunak dengan mudah dan cepat sehingga menghilangkan celah keamanan potensial sebelum penjahat siber mengeksploitasi data-data dalam perangkat.

Keberadaan sebuah program perangkat lunak yang sempurna sangatlah kecil,  akan selalu ada kemungkinan bahwa kode software memiliki kesalahan yang tak terduga, termasuk kemungkinkan program dapat dipergunakan untuk kepentingan lain.

Sederet kesalahan ini disebut sebagai kerentanan. Semakin populer sebuah aplikasi, maka semakin aktif pula aktivitas penjahat siber dalam mencari celah kerentanan dari aplikasi tersebut, misalnya, memungkinkan malware masuk ke dalam perangkat tanpa sepengetahuan pengguna.

Sepanjang tahun 2016, Kaspersky Lab berhasil mendeteksi lebih dari empat juta eksploitasi yang menggunakan kerentanan dalam aplikasi populer dan sistem operasi.

Permasalah ini dianggap serius oleh para pengembang perangkat lunak yang secara teratur menambal setiap celah yang mereka temukan dengan merilis versi terbaru dari aplikasi mereka. Namun, tidak semua pengguna memiliki waktu untuk secara teratur memeriksa pembaruan dan menginstalnya – menurut data Kaspersky Lab, hanya setengah dari pengguna yang melakukan pembaruan perangkat lunak mereka, yang paling sering dieksploitasi, dalam waktu seminggu setelah pembaruan tersedia.

Selain itu, saat ini komputer memiliki begitu banyak program yang diinstal sehingga untuk memeriksa setiap perangkat lunak akan menjadi tugas yang dianggap melelahkan dan memakan waktu.

Hadirnya Kaspersky Software Updater diharapkan dapat membantu pengguna untuk mengatasi permasalahan ini. Dalam pembuatannya, perusahaan juga mempertimbangkan aspek kenyamanan dan keselamatan pengguna.

Aplikasi gratis ini telah lulus pengujian beta, di mana jumlah pengguna telah mencapai lebih dari 800.000 pengguna. Melalui pengujian ini, perusahaan kini meluncurkan versi resmi dari aplikasi.

“Tugas utama kami adalah memperbaiki tingkat perlindungan pengguna terhadap ancaman siber,” ungkap Vyacheslav Zakorzhevsky, Head of the Anti-Malware Research Team di Kaspersky Lab.

Kerentanan perangkat lunak menjadi permasalahan yang cukup penting saat ini, karena hal tersebut memungkinkan penjahat siber secara diam-diam menguasai PC pengguna.

“Kami percaya bahwa akan jauh lebih baik untuk mencegah ancaman daripada memerangi hal itu, itulah mengapa kami menyerukan kepada semua pengguna untuk secara teratur memperbarui sistem operasi beserta aplikasi yang terinstal di dalam PC mereka,” ungkapnya.

Kaspersky Software Updater tersedia di free.kaspersky.com, atau sebagai bagian dari Kaspersky Security Scan – sebuah aplikasi yang dirancang untuk memindai komputer berbasis Windows dari infeksi malware dan pengaturan berbahaya. (MS)

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0