telset

Cara Menyambungkan HP ke TV, Laptop, dan Layar Komputer

Telset.id – Salah satu fitur seru dari smartphone Android adalah kemampuannya untuk terhubung ke layar TV atau monitor, dan menampilkan seluruh konten di sana dengan tampilan yang lebih besar. Nah, kami akan membagikan cara menyambungkan hp ke TV atau monitor laptop dan PC tanpa bantuan aplikasi. Yuk simak!

Sekadar informasi, dengan melakukan cara mirroring HP ke laptop ini, Anda bisa lebih nyaman ketika menikmati konten maupun bekerja mobile. Anda bisa bermain game dan menonton puas dengan tampilan lebh besar, hingga bekerja secara maksimal.

Ada dua cara menampilkan layar HP ke laptop/PC/TV yang akan kami bagikan. Pertama, cara sambungkan HP ke TV dengan kabel data HDMI. Kedua, cara menyambungkan HP ke laptop menggunakan fitur yang sudah tertanam di sistem operasi. Tak usah berlama-lama, lebih baik ikuti tips dari tim Telset.id berikut ini ya!

{Baca Juga : Rekomendasi 7 Game Android Seru dan Anti Bosan, Yuk Dicoba!}

Cara Menghubungkan HP ke TV dengan Kabel Data HDMI

Pertama adalah cara mirroring HP ke TV atau laptop dengan kabel HDMI. Berikut langkahnya:

  • Pastikan televisi atau monitor Anda telah memiliki port HDMI Input.
  • Kemudian, sediakan kabel HDMI untuk menyambungkan smartphone Android ke layar TV atau monitor. Anda bisa membeli kabel atau konverter USB-C to HDMI atau MicroUSB to HDMI, sesuaikan dengan jenis port smartphone Anda.

menyambungkan smartphone ke Monitor

  • Kemudian, sambungkan kabel ke smartphone dan juga layar TV atau monitor. Sebelumnya, matikan terlebih dahulu TV atau monitor Anda.
  • Ketika menyalakan kembali, pilih menu Source, dan pilih HDMI. Sementara di smartphone pilih HDMI Connection.
  • Voila! Anda telah berhasil menghubungkan smartphone ke layar menggunakan kabel.

{Baca juga: 10 HP Realme Terbaru Januari 2021 Mulai dari Rp 1 Jutaan}

Cara Menampilkan Layar HP ke TV dengan Screen Mirroring

Cara ini berlaku bagi Smart TV yang biasanya mendukung fitur Screen Mirroring. Ada pula beberapa jenis monitor yang mendukung fitur serupa.

Akan tetapi, bila TV Anda belum memiliki fitur tersebut, Anda bisa menggunakan perangkat dongle seperti ChromeCast atau sejenisnya. Dongle itu berfungsi sebagai receiver koneksi layar dari smartphone ke televisi.

menyambungkan Android ke TV

Berikut cara screen mirroring ke TV:

  • Cari fitur Wireless Display atau Cast Screen di smartphone Android. Biasanya, fitur ini tersedia di bagian Wireless di pengaturan smartphone. Fitur tersebut sudah tersedia sejak Android 4.1 Jelly Bean.
  • Aktifkan fitur itu, sampai Anda menemukan Smart TV pada daftar koneksi. Lalu, pilih Connect.
  • Anda telah berhasil menghubungkan smartphone Android ke layar TV secara nirkabel.

Itulah tadi dua cara menyambungkan smartphone Android ke layar TV atau monitor. Semoga tips ini bisa bermanfaat buat kalian ya, sob! (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0