Home HOW TO WhatsApp Business, Cara Menggunakan dan Fitur Terbaik untuk Usaha Anda

WhatsApp Business, Cara Menggunakan dan Fitur Terbaik untuk Usaha Anda

Foto: Superinteressante

Telset.id – Tahun 2018 lalu, WhatsApp menghadirkan aplikasi chat khusus untuk para pengusaha bernama WhatApp Business. Nah, buat yang belum tahu, dalam tulisan tutotial kali ini kami akan memberikan tips cara membuat dan menggunakan WhatsApp Business.

WA bisnis atau WhatsApp Business merupakan aplikasi chat yang sangat bermanfaat bagi para pengusaha, terlebih para pebisnis online. Sebab, aplikasi tersebut membantu calon konsumen untuk berkomunikasi langsung dengan penjual.

Sebelum membeli sesuatu, calon konsumen dapat bertanya perihal barang yang diinginkan, stoknya, harga diskon, cara pembayaran, dan lain sebagainya.

Nah, bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha online dengan WhatsApp Business, berikut kami berikan cara menggunakan layanan bisnis yang diberikan oleh platform besutan Facebook ini. Yuk simak!

{Baca Juga: 15 Cara Jitu Mengatasi WhatsApp Error, Kenali Penyebabnya!}

Apa Itu WhatsApp Business?

Diperkenalkan pertama kali pada Januari 2018, layanan ini langsung mendapatkan respon positif dari para pengusaha, khususnya pemilik bisnis kecil atau UMKM.

Layanan ini memungkinkan pengusaha untuk bisa terhubung secara langsung dengan para konsumennya. Mereka dapat memberikan informasi, diskon atau promo, tanya jawab dengan konsumen, dan hal sebagainya melalui WA bisnis.

WhatsApp Business sendiri menghadirkan sejumlah fitur yang sangat bermanfaat bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan usahanya. Contoh, membalas pesan otomatis, sortir pesan, hingga menjawab konsumen dengan cepat.

Diluncurkan di sistem operasi Android dan iOS, Indonesia pun menjadi salah satu negara Asia pertama yang dapat menggunakan aplikasi ini. Kemudian, menyusul beberapa negara di Eropa dan juga Amerika Serikat.

Cara Membuat WhatsApp Bisnis

Untuk lebih mengenal aplikasi bisnis besutan WhatsApp, tim Telset kali ini akan memberikan panduan lengkap cara menggunakan WhatsApp Business. Yuk, simak cara membuat WhatsApp bisnis selengkapnya!

  • Anda dapat download aplikasi WhatsApp Bisnis di Google Play Store untuk Android maupun App Store untuk perangkat berbasis iOS.

  • Usai aplikasi terinstall, Anda harus mendaftar menggunakan nomor ponsel. Kami sarankan, gunakan nomor khusus bisnis atau usaha Anda agar tidak tercampur dengan keperluan pribadi.
  • Selain itu, apabila Anda menggunakan nomor telepon yang terhubung ke WhatsApp reguler, otomatis akun Anda di sana akan keluar.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan kode verifikasi. Masukkan kode tersebut untuk masuk ke aplikasi WhatsApp Business.

  • Lengkapi profil bisnis Anda di WhatsApp, mulai dari foto hingga nama bisnis.
  • Anda juga dapat memasukkan katalog produk yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen. Caranya, ketuk ikon tanda tambah di katalog.
  • Unggah foto-foto produk yang ingin Anda pajang. Lalu berikan nama produk atau layanan dan simpan.

  • Selain katalog, Anda juga bisa melengkapi profil Anda. Anda dapat masukkan deskripsi mengenai bisnis Anda, alamat toko, jam kerja, alamat email, dan website bisnis.
  • Caranya dengan menekan tombol tiga titik yang berada di sudut kanan atas. Kemudian pilih Setelan dan pilih Setelan Bisnis, kemudian pilih Profil Bisnis dan Anda dapat menambahkan deskripsi dari usaha Anda.

{Baca juga: Cara Memakai Satu Akun WhatsApp untuk 2 Ponsel}

  • Jika sudah, langkah selanjutnya adalah mengatur menu balas pesan otomatis. Ini memudahkan untuk membalas pesan pelanggan di luar jam kerja.
  • Caranya, klik Settings atau SetelanSetelan BisnisAway Message/Greeting Message/Quick Replies. Lalu, atur pesan yang diinginkan termasuk waktu pengirimannya.

Fitur-fitur WhatsApp Business

Berikut ini berbagai fitur WhatsApp Business yang bisa Anda manfaatkan:

1. Nama WA Bisnis

WhatsApp membebaskan pengguna untuk membuat nama akun bisnis, namun ada beberapa hal yang harus dipatuhi. Berikut beberapa ketentuan yang wajib Anda ketahui sebelum memasukkan nama usaha Anda.

Anda tidak boleh menulis nama akun bisnis dengan huruf kapital. Kecuali hanya huruf pertama pada sebuah kata ataupun akronim.

Lalu, tidak boleh ada spasi tambahan di antara kata. Kemudian, tidak menambahkan tanda baca juga dan menggunakan emoji, simbol, ataupun karakter spesial (~!@#$%^^&*()_+:;{}[]/?’”,.<>).

Selanjutnya, karakter non-alfanumerik juga dilarang ditambahkan. Apabila Anda ingin menambahkan nama “WhatsApp”, tulis dengan benar. Bukan whatsapp, WA, whats app, dan semacamnya.

Selain itu, nama bisnis juga tidak boleh terdiri dari nama lengkap pemilik bisnis atau seseorang, istilah umum (contoh: baju, ponsel, dll), lokasi geografis umum (contoh: Bandung), dan kurang dari tiga karakter.

Dengan mengikuti aturan itu, maka akun WA bisnis Anda akan terdaftar sebagai “Akun bisnis resmi”. Hati-hati jika ingin mengubah nama bisnis, karena status tersebut mungkin akan hilang.

2. Profil WhatsApp Business

Anda pun dapat mengubah atau memperbaiki isi deskripsi, kategori bisnis, alamat, email, situs, dan sebagainya di WhatsApp Business.

Caranya, tekan tombol tiga titik yang berada di sudut kanan atas. Kemudian pilih Setelan > Setelan Bisnis. Kemudian pilih Profil Bisnis dan Anda dapat memperbarui profil usaha dengan mudah.

Profil ini sendiri akan muncul ketika calon konsumen mengunjungi proful WA milik bisnis Anda. Saran saja, Anda dapat memasukkan situs atau URL dari halaman Facebook atau Instagram.

3. Statistik

Fitur statistik memungkinkan Anda untuk melihat jumlah pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini membantu Anda untuk meninjau pesan mana yang efektif.

Untuk menggunakannya, klik tombol menu atau tiga titik di atas kanan layar, masuk ke SetelanSetelan BisnisStatistik.

4. Label

Fitur ini memungkinkan Anda sebagai pengusaha untuk mengelompokan pesan berdasarkan kriteria tertentu. Berbagai label bisa Anda tambahkan dengan menekan tombol + New Label.

Anda pun bisa menggunakan label yang sudah tersedia, seperti New customerNew orderPending paymentpaid, sampai Order complete.

5. Pesan di Luar Jam Kerja

Fitur WhatsApp Business berikutnya memungkinkan Anda untuk membalas pesan secara otomatis ketika Anda tidak sedang menggunakan akun WA bisnis ataupun di luar jam kerja.

Caranya pun sama, masuk ke Setelan Setelan Bisnis dan pilih Away Message atau Pesan di luar jam kerja. Kemudian, atur isi pesannya, jadwal pengiriman, hingga sortir penerimanya.

6. Pesan Salam

Sering melihat pesan salam otomatis yang bakal muncul ketika kita menghubungi penjual online di e-commerce? Nah, WhatsApp Business pun memiliki fitur tersebut.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk memberikan pesan secara otomatis terhadap konsumen. Fitur tersebut bisa juga menjadi media untuk melakukan promosi produk.

Cara menggunakannya, masuk ke Setelan > Setelan Bisnis dan pilih Greeting Message atau Salam. Ketikkan pesan sesuai keinginan sampai memilih kategori penerimanya.

7. Balas Cepat

Cara untuk membalas pesan konsumen secara cepat di WhatsApp Business adalah dengan menggunakan fitur Balas Cepat. Fitur ini dapat membantu ketika ingin membalas pesan dengan cepat dan otomatis.

Cara menggunakannya, masuk ke Setelan > Setelan Bisnis dan pilih Quick Replies atau Balas cepat. Lalu, ketikkan pesan sesuai keinginan.

{Baca juga: Cara Ganti Warna dan Font di WhatsApp, Biar Gak Bosan!}

Itu tadi panduan lengkap mengenai cara membuat dan menggunakan akun WhatsApp bisnis. Kami pun memberikan informasi lengkap mengenai apa itu WA bisnis dan fitur yang terdapat pada WhatsApp Business.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, dan selamat mengembangkan usaha Anda dengan WhatsApp Business! (MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version