Cara Mengatur Tab Browser Chrome, Safari, Firefox, Edge

Telset.id, Jakarta – Cara mengatur tab browser Chrome, Safari, Firefox, Edge di perangkat Anda tidaklah sama meski secara metode tidak jauh berbeda.

Cara mengatur tab browser Chrome, Safari, Firefox, Edge penting bagi Anda yang mempunyai banyak pekerjaan dan kerap butuh waktu beristirahat.

Beberapa orang menyalakan komputer dan ingin tab browser dibuka kembali tepat seperti ketika ditinggalkan. Namun, sebagian orang suka tab browser bersih.

Jika sedang menggarap proyek atau telah melakukan penelitian panjang, bisa dimengerti bahwa Anda ingin beristirahat dan nanti kembali ke semua tab terbuka.

Cuma, perlu dipahami bahwa terlalu banyak tab terbuka punya banyak kelemahan. Komputer Anda menjadi lemot lantaran harus memonopoli banyak sumber daya.

Apapun keinginan Anda, Telset akan beri tahu cara mengatur browser untuk dibuka dengan tab lama atau baru. Caranya tidaklah sulit karena hanya beberapa langkah.

Cara Mengatur Tab Browser Chrome

Anda dapat menyesuaikan Google Chrome untuk membuka dengan tab baru atau membuka kembali tab yang sama yang Anda gunakan saat terakhir kali keluar dari browser:

Untuk membuka Chrome ke tab baru:

  • Buka Chrome dan klik tiga titik vertikal, lalu Settings
  • Klik On startup dan pilih Open the New Tab page

Melanjutkan Chrome di tab lama:

  • Buka Chrome dan klik tiga titik vertikal, lalu Settings
  • Klik On startup dan pilih Continue where you left off

Cara Mengatur Tab Browser

2. Cara Mengatur Tab Browser Safari

Anda dapat meluncurkan Safari dengan jendela baru, jendela pribadi baru, semua jendela dari sesi terakhir Anda, atau semua jendela non-pribadi dari sesi sebelumnya.

Membuka Safari ke tab baru:

  • Buka Safari > Preferences dan pilih General
  • Di samping “Safari opens with”, pilih A new window atau A new private window dari menu tarik-turun.

Membuka Safari di tab lama:

– Buka Safari > Preferences dan pilih General

– Di samping ” Safari opens with”, pilih All Windows from last session atau All non-private windows from last session dari menu dropdown

3. Cara Mengatur Tab Browser Firefox

Saat Firefox dimulai, satu tab dibuka secara default, menampilkan halaman beranda yang Anda tentukan. Anda dapat mengaturnya dengan klik tombol menu tiga titik dan buka Settings > Home. Selanjutnya, pilih default Firefox Home.

Untuk memulihkan tab lama Anda di startup Firefox, klik tombol menu tiga titik, pilih Settings, lalu General panel. Di bawah Startup, centang kotak di sebelah Open previous windows and tabs.

Cara Mengatur Tab Browser Edge

Anda dapat membuka Microsoft Edge ke tab baru saat Anda meluncurkannya atau melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan.

Membuka Edge ke tab baru:

  • Buka Edge, klik ikon tiga titik, dan pilih Settings
  • Klik On startup dari panel kiri

Membuka Edge di tab lama:

  • Buka Edge, klik ikon tiga titik, dan pilih Settings
  • Klik On startup dari panel kiri
  • Pilih opsi untuk Continue where you left off

Nah itu tadi tips bagaimana cara mengatur tab di beberapa browser. Caranya sangat gampang, bukan? Sekarang Anda bisa langsung mencobanya. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0