telset

Cara Pintar ala Kaspersky untuk Mencegah Ransomware Berbahaya

Telset.id, Jakarta – Terdapat beragam jenis malware berbahaya yang siap mengintai perangkat Anda, salah satunya adalah ransomware. Melihat hal tersebut, Kaspersky pun membagikan cara mencegah ransomware menjangkiti perangkat milik Anda.

Ransomware merupakan salah satu jenis malware yang biasanya mengancam korban dan meminta sejumlah tebusan finansial.

Ancaman biasanya berupa ancaman untuk membocorkan data, menghapusnya, atau tidak memberikan akses ke data yang bersifat penting tersebut.

Dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Kamis (02/06/2020), Kaspersky mengatakan bahwa setidaknya selama tiga bulan pertama tahun ini mereka telah memblokir sebanyak 269.024 upaya serangan ransomware terhadap bisnis. Pada Q1 2020, Kaspesky mendeteksi 131.944 kasus serangan ransomware di Indonesia.

{Baca Juga: Waduh! Kasus Malware Indonesia Tertinggi di Asia Pasifik}

Guna mencegah serangan ransomware, Kaspersky pun membagikan tips berupa cara mencegah ransomware. Yuk simak tipsnya berikut ini.

Rajin Backup

Selalu memiliki salinan cadangan baru untuk file, sehingga Anda dapat menggantinya jika suatu saat terjadi kehilangan, misalnya disebabkan oleh malware atau perangkat yang rusak. Jangan lupa untuk menyimpannya tidak hanya pada objek fisik tetapi juga di penyimpanan cloud.

{Baca Juga: Awas Pembajakan! Hacker Sebar Hoaks Corona Berisi Malware}

Juga, pastikan Anda memilih penyimpanan cadangan yang dapat dengan cepat mengaksesnya dalam keadaan darurat saat dibutuhkan.

Terapkan Keamanan Berlapis

Keamanan untuk segalanya tanpa terkecuali. Keamanan berarti menjaga seluruh data yang mungkin tersentuh dalam jaringan Anda. Menerapkan keamanan berlapis ini dapat dilakukan melalui perangkat keras atau platform perangkat lunak.

Selalu Update

Sangat penting untuk menginstal semua pembaruan keamanan di perangkat. Selalu perbarui sistem operasi dan perangkat lunak yang ada di perangkat Anda.

Dengan melakukan update, pembaruan akan menghilangkan celah-celah keamanan yang mungkin rentan disusupi oleh ransomware.

{Baca Juga: Waspada! 9 Aplikasi Android Berbahaya Ini Mengandung “Malware Licik”}

Gunakan alat pencegah ransomware

Gunakan software yang memiliki fitur pencegahan eksploitasi untuk mencegah ransomware dan ancaman lain dari eksploitasi kerentanan dalam perangkat lunak dan aplikasi. Pastikan untuk menggunakan software perlindungan yang up to date agar selalu bisa menutupi celah-celah terbaru. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0