Waspada! 9 Aplikasi Android Berbahaya Ini Mengandung “Malware Licik”

Telset.id, Jakarta – Trend Micro menemukan aplikasi Android berbahaya yang disusupi oleh malware. Perusahaan keamanan digital asal Jepang tersebut menemukan total sembilan aplikasi Android mengandung malware berbahaya, yang justru sudah diunduh hingga 470 ribu kali.

Sebagaimana dikutip Telset.id dari Gizchina, Senin (10/2/2020), Trend Micro menerbitkan laporan berisi aplikasi berisi malware yang menargetkan para pengguna Android.

Malware berbahaya itu disembunyikan dalam aplikasi-aplikasi tools, seperti “Speed Clean” atau “Super Clean”. Malware ini juga dibuat seolah merupakan aplikasi yang sanggup mengoptimalkan kinerja smartphone dengan membersihkan filefile sampah yang tak dibutuhkan.

{Baca Juga: Uninstall 24 Aplikasi Android Berbahaya Ini Segera!}

Bukannya mengoptimalkan kinerja smartphone, aplikasi malah memiliki protokol untuk mengunduh sekitar 3.000 malware ke smartphone pengguna yang terjangkiti. Belom selesai sampai di situ, malware tersebut pun bakal mengakses akun Google dan Facebook milik pengguna.

Nantinya, malware akan menampilkan iklan dari platform yang sah seperti AdMob atau Facebook Audience Network. Hanya saja, iklan tersebut akan ter-klik dengan sendirinya, meski pengguna tidak melakukannya.

Aplikasi-aplikasi Android berbahaya ini juga meminta pengguna memberi izin untuk menonaktifkan Play Protect, program keamanan di Google Play Store. Ini memungkinkan aplikasi untuk lebih banyak lagi mengunduh malware tanpa terdeteksi.

Trend Micro pun menyampaikan, aplikasi itu punya cara licik untuk mendapatkan peringat dan komentar yang bagus. Aplikasi menggunakan opsi aksesibilitas untuk mengirim komentar dan peringkat palsu ke Play Store.

Tujuannya jelas, agar banyak pengguna lain yang tertarik untuk mengunduhnya karena melihat rating dan komentar positif yang didapat aplikasi tersebut.

{Baca Juga: Awas! Ada Malware Berkedok Situs Streaming Film Oscar 2020}

Menurut penjelasan Trend Micro, aplikasi Android berbahaya ini sudah dihapus dari Play Store oleh Google. Tetapi diperkirakan pembuat malware akan melanjutkan serangan dengan aplikasi palsu lainnya.

Beberapa negara yang paling banyak terpengaruh dengan adanya aplikasi merugikan ini diantaranya: Jepang, Taiwan, Amerika Serikat, Thailand, dan India.

Berikut ini adalah 9 aplikasi Android berbahaya yang ditemukan oleh Trend Micro:

  • Shoot Clean-Junk Cleaner,Phone Booster,CPU Cooler
  • Super Clean Lite- Booster, Clean&CPU Cooler
  • Super Clean-Phone Booster,Junk Cleaner&CPU Cooler
  • Quick Games-H5 Game Center
  • Rocket Cleaner
  • Rocket Cleaner Lite
  • Speed Clean-Phone Booster,Junk Cleaner&App Manager
  • LinkWorldVPN
  • H5 gamebox

(HR/MF)

Simak Video Terbaru “Samsung Galaxy A51 Camera Review”

SourceGizChina

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest News

Challenge #PakePerasaan Viral di TikTok, Seperti Apa?

Telset.id, Jakarta - Ada beragam cara untuk mengungkapkan isi hati ke orang-orang yang kita sayangi. Salah satunya melalui media sosial,...

5 Aksesoris Kamera Smartphone Terbaik, Dijamin Foto Makin Ciamik!

Telset.id - Kualitas kamera sudah menjadi salah satu perhatian utama para produsen smartphone masa kini. Makin canggihnya kualitas kamera...

Kominfo Pantau Hoaks RUU Cipta Kerja di Media Sosial

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate mengaatakan pihaknya akan memantau isu-su terkait RUU Cipta Kerja di media sosial...

Tips Hindari Serangan Cyber “APT” yang Mengancam Indonesia

Telset.id, Jakarta - Kaspersky mengungkapkan bahwa serangan Advanced Persistent Threats atau APT menjadi ancaman cyber yang serius dan lebih berbahaya bila dibandingkan dengan malware yang ada sekarang....

Sah! Aturan Blokir Ponsel BM Berlaku 18 April Mendatang

Telset.id, Jakarta - Menkominfo Johnny G. Plate memastikan aturan blokir ponsel BM atau black market melalui IMEI akan berlaku pada...
- Advertisement -