Cara Menangkal Serangan Hacker di WhatsApp

whatsappHackedTelset.id – Whatsapp adalah aplikasi yang paling populer di antara sekian banyak aplikasi messaging yang tersedia untuk perangkat mobile saat ini. Tapi, dibalik kepopulerannya, ternyata Whatsapp juga rentan akan serangan dari para hacker.

Sebagai salah satu apalikasi paling populer saat ini, WhatsApp juga tak luput dari incaran para dedemit dunia maya. Para hacker dengan mudahnya dapat meretas akun Whatsapp Anda lewat beberapa cara.

Nah, ingin tahu bagaimana biasannya para hacker beraksi dan dan bagaimana mencegahnya? Simak tipsnya berikut ini:

1. Meretas lewat konfirmasi SMS OTP

Kita tidak dapat menggunakan Whatsapp jika belum melakukan konfirmasi SMS OTP (one time password). SMS OTP adalah 6 digit angka yang unik yang berlaku hanya untuk 1 (satu) kali pemakaian. OTP akan dikirim via SMS pengguna. Nah, lewat celah inilah para hacker hanya tinggal mengakses SMS Anda dengan menggunakan aplikasi spyware.

Whatsapp confirm through sms

Bagaimana cara mencegahnya?

  • Selalu install antivirus yang terpercaya untuk ponsel Anda.
  • Kunci ponsel menggunakan PIN atau pattern lock.
  • Matikan notifikasi untuk SMS di lock screen.
  • Gunakan Applock untuk mengunci aplikasi SMS.

2. Meretas dari panggilan Whatsapp

Hacker memang selalu mencoba berbagai cara untuk melakukan peretasan. Salah satunya lewat konfirmasi akun Whatsapp menggunakan panggilan Whatsapp. Hacker yang menggunakan cara ini, hanya membutuhkan 15 detik saja untuk dapat meretas akun Whatsapp Anda.

Whatsapp confirm from call

Cara pencegahannya: Install Incoming Call Lock yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengunci panggilan masuk.

3. Meretas dengan aplikasi Monitor dan Spy

Saat ini, di Internet banyak sekali aplikasi Spy dan Parental yang tersedia untuk Android. Jika teman atau keluarga Anda menggunakan aplikasi ini, berhati-hatilah, karena para hacker akan dengan mudah membaca isi Whatsapp dari mana saja.

Monitor Whatsapp Android App

Cara pencegahan:

  • Lakukan pengecekan pada ponsel android anda jika terdapat aplikasi yang berbahaya atau mencurigakan.
  • Jika ponsel anda telah di-root, anda dapat menggunakan aplikasi permission manager untuk ponsel anda

4. Meretas dengan Extract pesan Whatsapp

Hacker memiliki cara lain untuk dapat membaca pesan Whatsapp Anda. Caranya adalah mengambil hasil backup pesan WhatsApp dan mengirimkannya ke email mereka dengan format text. Hacker akan dengan mudah membaca pesan Anda hanya dalam beberapa detik saja.

Email Backup in Whatsapp Messenger

Email Backup in Whatsapp Messenger

Cara pencegahan:

  • Cek email Anda, apakah terdapat email mencurigakan yang dikirimkan dengan menggunakan email Anda.
  • Gunakan app lock untuk Whatsapp dan aplikasi email.
  • Kunci ponsel dengan menggunakan pattern lock

5. Mengontrol ponsel

Mengakses Android dengan menggunakan device lain saat ini memang sangat mudah, contohnya Airdroid atau Teamviewer Quick Support. Jika hacker dapat menggunakan aplikasinya dengan baik dan dengan metode yang tepat, mereka akan dengan mudah mengontrol ponsel Anda kapanpun dan dimanapun.

http://www.prophethacker.com/wp-content/uploads/2015/11/Screen-Shot-2015-11-13-at-2.54.08-pm_11_13_20151.jpg

Cara pencegahan:

  • Gunakan pattern lock untuk ponsel Anda.
  • Cek ponsel jika terdapat aplikasi yang mencurigakan.

6. Whatsapp Web

WhatsApp Web merupakan fitur teranyar dari Whatsapp. Anda dapat mengakses Whatsapp dengan menggunakan PC. Caranya harus lebih dulu melakukan scan code QR dari ponsel. Nah, biasanya hacker yang bisa meretas Whatsapp adalah teman atau kolega yang sering memakai ponsel Anda. Nah, berhati-hatilah karena bisa saja mereka menggunakan ponsel Anda untuk dapat mengakses Whatsapp web menggunakan akun Whatsapp Anda.

Whatsapp Web Logs

Cara pencegahan:

Cek jika terdapat log in yang tidak Anda ketahui dari Whatsapp Web di aplikasi WhatsApp via ponsel. Lakukan log out untuk semua perangkat (log out from all computers), seperti terlihat pada gambar di atas.

14 COMMENTS

  1. serem juga kalo WA bisa di hack.. padahal saat ini.. aplikasi Whatups yang paling banyak di pakai.. thx banget buat sharing artikelnya

  2. pada akun wa suami saya ada pangggilan keluar kesebuah akun wa dg menggunakan video call apabisa terjadi tanpa sepengetahuan kami pemilik akun wa???? mohon penjelasannya

  3. Macam mana saya nak buka whatsaaps saya sedangkan memang tidak boleh buka dia kata (no saya telah dilarang drpd menggunakan whatsaaps) saya harap anda dapat membantu saya cara2 nak kembalikan balik whatsaaps saya hmmmm… Saya berharap sgt….saya merayu…tolong

  4. Makasih gan informasinya, ini saya butuhkan sekali. Semoga sukses selalu dan tetap memberikan informasi informasi bermanfaat lainnya gan.

  5. Mcm mne nk buka whatsapp sdangkn whatsapp saya di tulis anda di larang menggunakan whastsapp…mcm mne tuu nk on kn blik…ini sume keje hack…xpsal2 whatsapp saya xbleh buka…ples saya mohon mcm mne nk kmbli kn blik…please…

  6. Hemmm…tadi pagi sekali saya baru ngeh kalo whatsapp saya di sadap/diretas suami saya… Hiks hiks pasti dia coba lagi sadap kalo pulang nanti.. Apa ada cara untuk melindungi akun whatsapp saya supaya scan barcode’nya gagal,tidak dapat kembali di sadap? Plis yg paham tolong masukan dan cara’nya makasih

  7. Bagus infonya. Kasusnya sama kayak no tel kekasih saya. Telpon ganti sim sendiri. Wa foto bisa ganti sendiri. Notel si haker sdh di blok dan spam. Ternyata masik tembus. Wa sdh verivikasi 2 langkah juga bobol. Terus gimana solusinya. Apakh aparat polda bisa membantu masalah cybercrime seperti inI?? Apakah aparat polda bisa menindak peretas ini apabila Diketahui peretasnya adalah opnum dari kontraktor polisi untuk proyek IT? Apakah ada solusi yang lain?? Apakah DarkJustice bisa kami tegakkan sendiri melalui hukum rimba?? Judeg sampean. Mohon masukan. Trims

  8. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

  9. Sepertinya WhatsApp teman saya telah di sadap menggunak AirDroid + hidder. Bagaimana cara mengatasi hal tersebut agar WhatsApp teman saya kembali normal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here