Cara Memutar Film dari iPad ke Layar TV

Telset.id – Memutar film di iPad memanglah suatu yang biasa kita lakukan saat dilanda kebosanan. Terdapat banyak aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menonton film seperti Netflix, Amazon atau layanan lainnya. Tapi, layar iPad tidak ada apa-apanya jika dibandingkan layar TV. Jadi, jika masih ada TV di rumah, kenapa harus memutar film di iPad? Tim Telset.id dengan senang hati akan memberikan tips bagaimana memutar film dari iPad ke layar yang lebih besar yaitu TV. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Kabel HDMI

Tidak seperti beberapa tablet Android, iPad tidak memiliki output HDMI. Cara termudah untuk menambahkan port HDMI yaitu dengan membeli Apple Digital AV Adapter yang memberikan akses untuk output HDMI dan port pass-through untuk pengisian iPad pada waktu yang sama. Terdapat dua versi untuk adaptor ini yaitu 30 pin dan Lightning. Untuk Lightning dihargai sekitar Rp 600 ribuan dan untuk 30 pin dihargai dihargai sekitar Rp 500 ribuan. Jika sudah membeli adaptor ini, jangan lupa membeli kabel HDMI standar untuk menghubungkan adaptor dengan TV.

1. Sambungkan adaptor ke iPad Lightning atau konektor.

2. Sambungkan kabel HDMI antara TV dan adaptor Digital AV

Get film from iPad to TV

3. Gunakan remote TV, pilih input HDMI yang sesuai. Jika Anda menyambungkan juga AV receiver atau soundbar, pastikan memilih inputan yang benar.

Get film from iPad to TV

4. Nyalakan iPad, dan jalankan aplikasi yang ingin Anda gunakan. Kebanyakan aplikasi Apple mendukung output HDMI, tapi kebanyakan untuk layanan video streaming tidak mendukungnya.

5. Jika perlu, sesuaikan pengaturan TV sehingga gambar yang ditampilkan maksimal.

AirPlay

Kebanyakan TV yang beredar 10 tahun terakhir ini, dilengkapi dengan input HDMI, tapi jika TV yang Anda gunakan tidak mendukungnya, ini kami berikan cara lainnya yaitu menggunakan Apple TV. Hingga rilisnya Apple TV generasi keempat, Anda akan “terjebak” dengan aplikasi yang mendukung perangkat ini, dan karena saat ini tidak mencakup UK catch-up TV atau Amazon Instant Video, Anda bisa mendapatkannya melalui video streaming dari aplikasi yang ada di iPad atau iPhone.

Kebanyakan aplikasi tersebut tidak dapat digunakan untuk Apple TV, jadi untuk menanganinya adalah dengan menggunakan AirPlay. AirPlay adalah layanan dengan menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah untuk video dan audio streaming secara langsung dari aplikasi pendukung di iPad.

1. Nyalakan TV dan Apple TV, kemudian masuk ke Settings. Scroll ke bawah untuk mengaktifkan AirPlay.

2. Nyalakan iPad dan jalankan Videos, Photos atau Safari. Anda akan melihat sebuah ikon AirPlay. Jika mencoba untuk menonton video, jalankan video, lalu tekan ikon tersebut, dan pilih Apple TV dari daftar perangkat.

Get film from iPad to TV

3. Jika aplikasi tidak mendukung perangkat external, Anda harus mencoba untuk menggunakan AirPlay Mirroring. Untuk mengaktifkannya, geser ke atas untuk menemukan Control Center. Tekan pada AirPlay. Akan terlihat slider AirPlay Mirroring, nyalakan slider tersebut. Jika menemukan masalah lainnya, pastikan iPad atau iPhone menggunakan iOS versi terakhir atau iOS 7 ke atas.

Get film from iPad to TV

Keterbatasan

Sangat penting untuk diingat bahwa ada keterbatasan dengan kedua metode yang menggunakan kabel atau nirkabel. Misalnya, aplikasi Sky Go tidak akan mengizinkan kita untuk menggunakan output HDMI atau AirPlay untuk menonton acara di layar yang lebih lebar. Aplikasi lain memiliki batasan yang sama pula, jadi pastikan aplikasi yang ingin Anda gunakan memungkinkan untuk kedua metode ini sebelum membeli adaptor Digital AV atau Apple TV.

Related Articles

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -