Cara Membuat Kartu Ucapan Idul Fitri Lewat Canva

Telset.id – Momen Lebaran identik dengan kartu ucapan selamat Idul Fitri. Sekarang berkat perkembangan teknologi, kita bisa membuat sendiri kartu ucapan Idul Fitri 1443 hijriah secara digital menggunakan Canva. Bagaimana caranya?

Kartu ucapan hari raya Idul Fitri biasanya dipakai untuk dibagikan ke media sosial atau aplikasi pesan singkat, kepada teman atau keluarga. Lalu kartu juga bisa dicetak untuk disematkan di parsel atau hampers sehingga lebih berkesan. 

Sebelumnya dalam membuat kartu ucapan lebaran, kita sering memakai jasa desain grafis untuk membuat desain sesuai keinginan. Namun sekarang kita bisa mendesain kartu sendiri menggunakan Canva. 

Baca juga: 5 Tips Ucapan Lebaran Kreatif 2022, Lebih Kekinian dan Paling Kreatif

Canva merupakan platform desain grafis yang bisa diakses secara gratis. Didalamnya terdapat berbagai template desain yang bisa dipakai untuk membuat kartu ucapan, poster, desain slide untuk presentasi dan sebagainya. 

Dengan begitu kita bisa lebih hemat ketimbang memakai jasa desain grafis, serta bisa memaksimalkan kreativitas dalam membuat kartu sesuai keinginan. Bagi yang tertarik, ini cara membuatnya di Canva. 

1. Menggunakan Canva.com 

Cara yang pertama menggunakan situs Canva.com. Dalam situs ini, kita bisa mendesain kartu ucapan melalui laptop atau smartphone dengan mudah. Berikut ini cara lengkapnya. 

  • Buka situs Canva.com di smartphone atau laptop. 
  • Buat akun Canva dengan mengetuk menu Daftar atau Login untuk yang sudah memiliki akun Canva. 
  • Di halaman utama, ketik kata kunci Kartu Ucapan Idul Fitri dan akan muncul berbagai template kartu ucapan yang tersedia. 

Kartu ucapan idul fitri 2022

  • Pilih template yang diinginkan dan desain ulang kartu ucapan tersebut. 
  • Kita bisa memasukan nama dan ornamen tambahan di menu Elements sebelah kiri, agar kartu ucapan semakin menarik. 

kartu ucapan idul fitri

  • Jika sudah selesai, klik Share yang terletak di sebelah kanan atas, dan pilih Download untuk menyimpan desain di smartphone atau laptop Anda.
  • Selain itu ada juga tombol share on social untuk membagikan kartu lebaran ke media sosial.

kartu ucapan idul fitri

2. Menggunakan Aplikasi Canva 

Canva juga memiliki aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Play Store atau App Store. Kapasitas aplikasi ini sekitar 23 MB, sehingga cukup ringan di smartphone. Caranya?

Baca juga: Ubah Foto Lebaran Jadi Video Menarik dengan Aplikasi Soloop

  • Unduh aplikasi Canva di Google Play Store atau App Store. 
  • Buat akun Canva dengan mengetuk menu Daftar atau Login untuk yang sudah memiliki akun Canva. 
  • Di halaman utama, ketik kata kunci Kartu Ucapan Idul Fitri dan akan muncul berbagai template kartu ucapan yang tersedia. 
  • Pilih template yang diinginkan dan desain ulang kartu ucapan tersebut. 

Canva

  • Tambahan elemen-elemen tambahan di desain dengan mengetuk ikon + dan pilih Elemen

idul fitri canva

  • Untuk menyimpan desain, pilih ikon tanda panah ke bawah dan klik Simpan. Tunggu beberapa saat dan desain akan tersimpan di galeri. 

idul fitri aplikasi canva

  • Sedangkan untuk membagikannya di media sosial, pilih tanda panah ke atas dan pilih ikon media sosial seperti Instagram dan WhatsApp. 

idul fitri canva

Well, itu tadi informasi mengenai cara membuat kartu ucapan Idul Fitri 2022 menggunakan Canva. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba ya. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0