Cara Aman dan Praktis Membersihkan TWS Apple AirPods

Telset.id, Jakarta – Cara membersihkan Apple AirPods harus Anda ketahui, apalagi perangkat TWS ini sering Anda gunakan sehari-hari. Selain untuk perawatan perangkat agar tak mudah rusak, membersihkannya juga membuat telinga Anda semakin nyaman saat mengenakannya.

Semakin sering digunakan, tentu semakin besar peluang AirPods menjadi kotor. Bisa karena terkena debu, keringat, atau kotoran dari telinga. Tentu Anda tidak akan nyaman menggunakan AirPods jika perangkat tersebut kotor.

Selain untuk alasan kebersihan, dengan rutin membersihkan AirPods akan membuat TWS ini tetap mampu menghasilkan suara yang prima dan juga tahan lama.

Baca Juga: Cara Mengatasi AirPods Mati Sebelah

Jadi langsung saja, berikut ini kami akan bagikan cara membersihkan TWS AirPods, yang juga merupakan rekomendasi dari Apple. Yuk simak penjelasannya di bawah ini, sob!

Cara Membersihkan AirPods

Untuk membersihkan AirPods, Anda dapat menggunakan tisu isopropil alkohol 70%, tisu etanol 75%, atau Clorox Disinfecting Wipes untuk mengelap dengan lembut permukaan luar.

Jangan gunakan bahan-bahan seperti alkohol untuk lubang jaring speaker AirPods. Hindari juga menggunakan produk yang mengandung pemutih atau hidrogen peroksida.

Baca Juga: Cara Mengatasi Volume AirPods Kurang Kencang

Saat tengah membersihkan, hindari masuknya air pada bagian celah dan jangan merendam AirPods dalam bahan pembersih apa pun.

1. Membersihkan AirPods

cara Membersihkan TWS Apple AirPods

  • Jangan menyiram AirPods atau AirPods Pro dengan air.
  • Gunakan kain pembersih yang lembut, kering, dan tidak berserat.
  • Bersihkan dengan kain yang sedikit dibasahi air bersih, lalu keringkan dengan kain lembut, kering, dan tidak berserat, apabila AirPods atau AirPods Pro terkena sesuatu yang dapat meninggalkan noda atau kerusakan lain.
  • Misalnya sabun, sampo, kondisioner, losion, parfum, larutan pembersih, deterjen, asam atau makanan yang bersifat asam, penolak serangga, tabir surya, minyak, atau cat rambut.
  • Biarkan hingga benar-benar kering sebelum memasukkannya ke casing pengisian daya.
  • Jangan coba menggunakannya sebelum benar-benar kering.
  • Pastikan tidak ada cairan yang masuk ke celah.
  • Bersihkan lubang jaring mikrofon dan speaker dengan kapas kering.
  • Jangan gunakan benda tajam atau bahan abrasif untuk membersihkan AirPods atau AirPods Pro.

2. Membersihkan casing TWS

cara Membersihkan TWS Apple AirPods

Bersihkan casing pengisian daya dengan kain yang lembut, kering, dan tidak berserat. Jika perlu, Anda dapat menggunakan kain yang sedikit dibasahi dengan isopropil alkohol.

Baca Juga: Cara Menghubungkan AirPods ke Ponsel Android

Biarkan casing pengisian daya mengering. Pastikan tidak ada cairan yang masuk ke port pengisi daya. Berikut ini beberapa panduan lainnya:

  • Bersihkan semua kotoran dari konektor Lightning dengan sikat bulu yang bersih, lembut, dan kering.
  • Jangan gunakan bahan abrasif untuk membersihkan casing pengisi daya.
  • Agar tidak merusak kontak logam, jangan letakkan benda apa pun di port pengisi daya.

Demikian tips untuk membersihkan perangkat AirPods yang Anda miliki. Sangat mudah bukan? Oiya, Anda dapat melihat tips dan trik lainnya melalui kanal Telset How To. Selamat mencoba! (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0