Cara “Melatih” Cortana Untuk Mematikan Komputer

Update Cortana

Telset.id – Cortana dapat melakukan hal-hal yang brilian seperti memberikan perkembangan lalu lintas, menyimpan catatan, menemukan restoran terdekat, dan lebih banyak lagi. Satu hal yang belum bisa Cortana lakukan adalah menjalankan operasi yang sebenarnya simpel seperti mematikan atau restart komputer. Seperti biasa, Tim Telset.id akan memberikan tips dan trik dalam berbagai hal di bidang teknologi. Sekarang, kami akan memberitahu Anda bagaimana mematikan komputer dengan menggunakan Cortana.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat shortcut pada folder di Windows Explorer. Buka Windows Explorer dan masuk ke:

C:\Users\User Name\AppData\Roaming\Microsoft\Windows\Start Menu\Programs

Pastikan mengganti kata User Name dengan nama yang sudah di set di Windows. Klik kanan di dalam folder tersebut dan pilih opsi New Shortcut. Pada halaman yang akan muncul ketikkan shutdown.exe -s -t 60

Anda dapat menghilangkan -t 60 jika ingin mematikan komputer langsung. Dengan menambahkan opsi tambahan tersebut, Anda mempunyai waktu 60 detik untuk membatalkan proses shutdown via Command Prompt. Anda dapat mengubah nilai tersebut menjadi 30 atau berapapun. Jika sudah, namai shortcut tersebut menjadi Shut Down dan selesai.

Langkah selanjutnya adalah dengan menekan tombol mic di search bar yang terdapat di dekstop atau katakan Hey Cortana jika Anda sudah mengaktifkan perintah tersebut dan berikan peintah Open Shut Down EXE. Akan terlihat  proses yang memberitahukan Anda jika WIndwos akan mati setelah satu menit (jika menggunakan opsi tambahan -t 60).

cortana windows shut down

Pastikan menamai shortcut tersebut Shut Down bukan Shutdown agar Cortana bisa menemukan shotcut tersebut. Jika Anda ingin membuat shortcut untuk restart Windows, ganti -s menjadi -r dan namai shortcut menjadi Restart. Untuk menjalankannya sama saja seperti yang dijelaskan sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here