Home HOW TO 4 Trik Baca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Buat yang “Kepo”

4 Trik Baca Pesan WhatsApp yang Sudah Dihapus, Buat yang “Kepo”

Telset.id – WhatsApp punya fitur yang namanya Delete for Everyone atau ‘fitur hapus chat salah kirim’. Fitur ini kadang membuat orang “kepo” (penasaran) ingin tahu pesan apa yang dihapus. Dan ternyata, pesan yang sudah dihapus itu masih bisa dilihat lho.

Anda mungkin harus berterima kasih (atau malah mungkin jengkel) pada kemajuan teknologi, karena teknologi bisa membuat sesuatu yang ‘hilang’ menjadi terlihat kembali.

Ya, ternyata pesan di WhatsApp yang sudah dihapus tersebut masih bisa dibaca oleh si penerima pesan. Tapi bagaimana caranya?

Ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda pakai untuk bisa melihat pesan yang sudah dihapus dengan fitur Delete for Everyone. Aplikasi-aplikasi ini bisa Anda unduh gratis di Play Store atau App Store.

[Baca juga: Tips Sembunyikan Chat WhatsApp dari Si “Kepo”]

4 Cara Baca Pesan WhatsApp yang Dihapus

Ada 5 cara yang bisa Anda lakukan untuk membaca pesan WhatsApp yang sudah dihapus menggunakan fitur Delete for Everyone, baik di chat personal maupun pesan di WhatsApp Group.

Yang perlu dilakukan hanyalah memasang aplikasi tersebut di perangkat ponsel, dan Anda bisa langsung melihat isi pesan yang telah terhapus tersebut.

Penasaran ingin tahu caranya? Tenang, tim Telset.id akan memberikan tutorial cara baca pesan WhatsApp yang dihapus. Simak caranya berikut ini.

1. Notification History

Cara pertama, Anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Notification History. Aplikasi ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang blogger bernama Android Jefe, yang mengungkapkan dapat melihat pesan yang sudah dihapus oleh sang pengirim.

Dia menggunakan aplikasi Notification History untuk melakukan trik ini, dan nyatanya memang berhasil terbukti dia bisa baca pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan di Google Play Store secara gratis.

Aplikasi Notification History bisa merekam setiap pesan chat yang masuk ke HP Anda, termasuk pesan-pesan WhatsApp yang dihapus sekalipun. Cara menggunakannya cukup mudah, ikuti langkahnya berikut ini:

Setelah memastikan diterima, kami pun langsung menghapus pesan tersebut.

Nah, di ponsel kedua, kami langsung melihat pesan yang masuk tadi. Namun karena pesan itu sudah di hapus menggunakan fitur Delete for Everyone, maka kami tidak dapat melihat pesan yang diterima.

Selanjutnya, kami buka aplikasi Notification History. Aplikasi ini berguna untuk mencatat ‘Log’ yang dilakukan oleh aplikasi yang berjalan di ponsel, termasuk WhatsApp.

Setelah itu, kami cari notifikasi yang cocok dengan waktu penerimaan pesan. Setelah ketemu, kami buka log tersebut.

Ternyata, aplikasi ini benar-benar masih menyimpan teks yang telah dihapus oleh penerima!

Namun perlu diingat, Notification History ini hanya mencatatkan beberapa ‘Log’ terakhir saja. Tidak semua notifikasi dapat Anda dapatkan melalui aplikasi tersebut.

{Baca Juga: Whatsapp Web: Cara Menggunakan di Browser, Hingga Video Call Rame-rame}

2. WhatsRemoved+

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi WhatsRemoved+. Mirip seperti yang pertama tadi, aplikasi pihak ketiga ini juga mampu baca pesan WhatsApp yang sudah terlanjur dihapus.

Keunggulan aplikasi WhatsRemoved+ dibandingkan Notification History adalah bisa memilih aplikasi apa saja yang ingin direkam notifikasinya. Misalnya hanya WhatsApp, hanya Instagram, dan lain sebagainya. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

WhatsRemoved+
  • Download WhatsRemoved+ di Google Play Store
  • Buka aplikasi, aktifkan akses notifikasi WhatsRemoved+ dengan masuk ke menu > Settings atau Pengaturan HP
  • Lalu, pilih aplikasi WhatsApp atau aplikasi apa saja yang ingin Anda rekam notifikasinya.
  • Setelah itu, semua chat akan terekam di aplikasi WhatsRemoved+, termasuk pesan chat WhatsApp yang sudah dihapus dalam bentuk teks, gambar, video, atau suara.

3. Notification Log

Cara baca pesan WhatsApp dihapus berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka notification log atau riwayat notifikasi. Anda bisa menggunakan cara ini untuk “kepoin” pesan WhatsApp yang telah dihapus.

Caranya gampang banget. Begini cara menggunakannya:

  • Tekan lama homescreen HP Anda
  • Tambahkan widget “Notification log” atau “Log pemberitahuan”
  • Anda bisa meletakkannya di mana saja di homescreen HP Anda
  • Setelah itu, semua riwayat pesan akan bisa terekam, termasuk chat WhatsApp yang telah dihapus.

Tapi sebagai catatan, tidak semua HP memiliki fitur atau pengaturan ini. Jadi kalau ponsel Anda ada fasilitas ini, Anda bisa langsung mencobanya.

{Baca Juga: 20 WhatsApp MOD APK, Download Versi Terbaru 2021}

4. Recent Notification

Recent Notification

Cara berikut ini juga menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama Recent Notification. Prinsip Kerjasama sama dengan aplikasi sebelumnya, yang bisa merakam chat yang sudah dihapus.

Anda bisa baca pesan WhatsApp dihapus dengan aplikasi ini, karena ia akan merekam semua notifikasi yang masuk ke smartphone, termasuk pesan yang dihapus. Cara menggunakannya mudah dan mirip seperti aplikasi lainnya. Begini caranya:

  • Download aplikasi Recent Notification di Google Play Store
  • Buka lalu izinkan aplikasi untuk mengakses notifikasi melalui Settings atau Pengaturan HP Anda.
  • Setelah aktif, aplikasi Recent Notification sudah bisa langsung merekam semua pesan yang masuk dari berbagai aplikasi di HP, termasuk pesan WhatsApp yang sudah dihapus.

Nah, itu tadi 4 trik untuk baca pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Ternyata kalian masih bisa ya membaca pesan dari teman atau mungkin si “mantan” yang sudah terlanjur dihapus. Selamat mencoba. [NC/HBS]

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version