Cara Hentikan WhatsApp Berbagi Informasi dengan Facebook

Telset.id – Untuk pertama kalinya dalam empat tahun sejak diakuisisi oleh Facebook, WhatsApp memperbarui persyaratan dan kondisi, serta kebijakan privasinya. Bagian yang diperbarui ini termasuk kebijakan WhatsApp berbagai informasi data penggunanya dengan Facebook.

Menurut halaman FAQ WhatsApp, disebutkan bahwa nomor telepon pengguna yang digunakan untuk mendaftar WhatsApp-lah yang akan dibagikan ke Facebook. Meski begitu, berterima kasihlah kepada enkripsi end-to-end milik WhatsApp yang membuat Facebook tidak akan dapat melihat pesan, foto atau media lainnya yang Anda bagikan.

[Baca juga: Data Pengguna WhatsApp akan Dibagikan ke Facebook]

Hanya Anda dan orang yang dikirimi pesan yang dapat melihat informasi tersebut. Informasi yang dibagi oleh WhatsApp juga tidak akan dilihat oleh siapapun yang menggunakan Facebook.

Artinya, jika WhatsApp memang membagikan informasi nomor telepon Anda dengan Facebook, hal itu tidak akan membuat nomor telepon Anda muncul di profil Facebook. Tapi bagaimana jika kita tidak nyaman dengan kebijakan ini dan ingin hentikan WhatsApp berbagi informasi data dengan Facebook?

Tenang, karena WhatsApp tidak memaksa penggunanya untuk mengikuti kebijakan ini kok, jadi Anda bisa menonaktifkan kebijakan ini. Bagaimana caranya? Nih tim Telset.id akan berikan caranya untuk Anda.

  1. Buka WhatsApp dari smartphone anda.
  2. Untuk Android, buka tombol menu yang berada di kanan atas layar kemudian tekan Settings.
  3. Pilih Account.
  4. Uncheck bagian Share my account info.
  5. Untuk mematikan fitur ini tekan Don’t Share.

whatsapp-opt-out

Popup akan muncul yakni If you tap ‘Don’t Share’, you won’t be able to change this in the fiture. Artinya ketika anda mematikan fitur ini, tidak ada pilihan lagi untuk mengaktifkannya kembali. Jadi semenjak mematikannya, informasi Anda tidak lagi dibagikan ke Facebook. [FHP/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here