Kominfo Punya Chatbot Migrasi TV Digital, Begini Cara Pakainya!

Telset.id – Kementerian Kominfo memiliki chatbot WhatsApp yang memberikan informasi seputar migrasi TV analog ke digital. Fitur ini dapat membantu Anda mengetahui informasi seputar kebijakan migrasi siaran televisi tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, chatbot migasi TV digital sengaja dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam mencari informasi seputar program migrasi TV digital atau Analog Switch Off (ASO).

Chabot juga berfungsi untuk mensosialisasikan program ASO, sehingga masyarakat tidak kaget apabila wilayahnya tidak bisa mengakses siaran TV analog.

Baca juga: Perbedaan TV Analog dan Digital, dan Apa Untungnya Migrasi?

Terdapat 8 menu utama yang ada di chatbot, termasuk informasi umum tentang ASO, jadwal tahapan ASO, wilayah terdampak ASO di masing-masing tahap, dan informasi tentang bantuan set top box (STB) dan STB bersertifikasi.

Lebih lanjut adalah informasi tentang cara beralih ke siaran digital, informasi umum tentang multipleksing, mengunduh aplikasi sinyalTVdigital, dan informasi tentang kecanggihan siaran digital.

Selain melalui chatbot, masyarakat disarankan untuk mengunjungi kanal-kanal resmi dari Siaran Digital Indonesia Kominfo, seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, dan Youtube. Di platform-platform tersebut, terdapat postingan mengenai informasi seputar migrasi siaran.

Perlu diketahui kalau sejak tanggal 30 April 2022, pemerintah mulai melakukan migrasi siaran TV analog ke TV digital Tahap pertama. di tahap ini migrasi akan dilakukan secara di 56 wilayah yang terbagi dalam 166 kabupaten/kota.

Adapun tahap kedua akan dilaksanakan paling lambat tanggal 25 Agustus 2022 dan tahap ketiga paling telat pada 2 November 2022.

Cara Menggunakan Chatbot WhatsApp Migrasi TV Digital 

Menggunakan chatbot ini cukup mudah. Terlebih chatbotnya tergolong responsif sehingga kita bisa mendapatkan informasi dengan cepat. Berikut ini tutorial lengkapnya.

Baca juga: Migrasi TV Analog ke Digital Tahap 1 Dimulai, Ini Daftar Wilayahnya

  • Simpan nomor chatbot WhatsApp 08118202208 di smartphone Anda.
  • Buka aplikasi WhatsApp dan cari kontak chatbot.
  • Klik Menu di kolom chat.

chatbot migrasi TV digital

  • Nantinya chatbot akan menampilkan 8 menu utama yang bisa akses. Cara mengaksesnya dengan mengetuk kode nomor menu utama di kolom chat. Misalnya “1” atau “4”.
  • Chatbot akan membalas informasi yang diperlukan, dan Anda bisa membaca dengan seksama informasi yang diberikan.

chatbot migrasi TV digital

Demikian informasi mengenai fitur chatbot WhatsApp migrasi TV digital dan cara menggunakannya. Semoga dengan fitur yang dihadirkan Kominfo itu, Anda tidak lagi bingung terkait kebijakan pemerintah tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0