telset
spot_img

Cara Cek Tiket & Jadwal Vaksin Booster Covid-19 Gratis di PeduliLindungi

Telset.id – Pemerintah Indonesia melanjutkan program vaksin Covid-19 dosis ketiga atau booster secara gratis ke masyarakat. Untuk mengecek tiket apakah Anda mendapatkan vaksin booster Covid-19 dan jadwal vaksinasinya, Anda bisa mengetahuinya dengan cara mengakses situs dan aplikasi PeduliLindungi.

Mulai tanggal 12 Januari 2022, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan vaksin booster Covid-19 secara gratis. Penerimanya adalah warga yang berusia 18 tahun ke atas dan telah menerima vaksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan.

Di tahap pertama ini pemberian vaksin booster akan dilakukan untuk kelompok prioritas yaitu orang lanjut usia (lansia) dan penderita immunokompromais. Jenis vaksin ketiga yang diberikan akan ditentukan oleh petugas kesehatan berdasarkan riwayat vaksinasi dosis 1 dan 2 yang diterima dan sesuai ketersediaan vaksin di tempat layanan.

Baca juga: Cara Gunakan Aplikasi PeduliLindungi di Android dan iOS

Rencananya untuk penerima vaksin dosis pertama dan kedua berjenis Sinovac, maka akan diberikan vaksin booster setengah dosis dari Pfizer atau AstraZeneca. Lalu untuk penerima dosis pertama dan kedua merek AstraZeneca, maka akan diberikan vaksin booster setengah dosis dari Moderna.

Pemilihan dosis ini merujuk pada ketersediaan vaksin yang ada dan juga hasil riset yang sudah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksin Booster Covid-19 Gratis

Cek Tiket Jadwal Vaksin Booster Covid-19

Masyarakat yang masuk daftar kelompok prioritas penerima vaksin booster dapat mengecek tiket dan jadwal vaksin booster Covid-19 gratis dengan cara mengunjungi website dan aplikasi PeduliLindungi. Berikut panduan lengkapnya.

Baca juga: Daftar Aplikasi untuk Check In PeduliLindungi

  • Buka website resmi PeduliLindungi.
  • Pilih menu Status Kesehatan, kemudian tulis nama lengkap dan NIK di kolom yang tersedia.
  • Klik reCAPTCHA atau Saya Bukan Robot dan tekan Periksa.
  • Nantinya akan muncul mengenai status, tiket dan jadwal vaksinasi dosis ketiga Covid-19 yang Anda terima.

Cara selanjutnya melalui aplikasi PeduliLindungi yang bisa diunduh gratis di Google Play Store dan App Store. Berikut ini caranya.

  • Buka aplikasi PeduliLindungi.
  • Masuk dengan akun yang terdaftar.
  • Klik menu Profil dan pilih Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19.
  • Berikutnya status dan jadwal vaksinasi booster akan muncul di akun Anda.
  • Sedangkan untuk cek tiket vaksin, masuk ke menu Riwayat dan Tiket Vaksin dan akan muncul tiket vaksin booster Anda.

Bagi yang termasuk kelompok prioritas, tetapi belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksin booster Covid-19 gratis di PeduliLindungi, cara terbaiknya adalah dengan mendatangi fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa KTP dan surat bukti vaksinasi dosis pertama dan kedua. (NM/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0