Cara Cek Akun yang Pernah di Retas atau Tidak

Telset.id, Jakarta – Dewasa ini, kasus peretasan akun online banyak terjadi di seluruh dunia. Setidaknya, jutaan orang di dunia pernah merasakan akun mereka di retas yang berujung mengalami kerugian, baik secara materi atau non materi.

Namun ternyata, banyak juga orang yang ternyata akun nya pernah di retas, namun mereka tidak pernah menyadarinya. Lantas, bagaimana cara mengetahui apakah akun Anda pernah di retas atau tidak?

Nah, tim Telset.id punya tips untuk Anda bagai mana cara mengecek apakah salah satu akun milik Anda, seperti email atau akun media sosial pernah di retas, atau setidaknya pernah ada yang mencoba untuk meretas akun Anda.

Caranya, Anda tinggal mengunjungi sebuah situs bernama HaveIBeenPwned. Situs ini sengaja dibuat khusus untuk mendeteksi apakah sebuah akun pernah di retas atau setidaknya pernah ada usaha peretasan.

Setelah situs tersebut terbuka, Anda hanya tinggal memasukkan alamat e-mail atau ID media sosial Anda tanpa harus memasukkan kata sandi apapun. Setelah itu, klik tombol pwned?.

Jika ID yang Anda masukkan tidak pernah ada percobaan peretasan, maka akan muncul kata selamat di bagian bawah situs tersebut. Sebaliknya, jika akun Anda pernah ada usaha peretasan, maka di bagian bawah situs tersebut akan memberikan peringatan untuk Anda.

Selain itu, sebaiknya Anda memberi kata kunci yang cukup kuat. Setidaknya dalam sebuah kata kunci, harus terdapat 12 hingga 14 karakter dimana terdapat setidaknya satu angka dan satu karakter spesial. [NC/MS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0