Bukan HTC Dream, Ternyata Ini Ponsel Android Pertama

ponsel Android pertama

Telset.id, Jakarta – Banyak orang pasti mengetahui kalau ponsel Android pertama adalah HTC Dream, yang menggunakan versi OS 1.6 Donut. Tapi ternyata, bukanlah HTC Dream yang menjadi ponsel Android pertama. Lantas, apa ponsel Android pertama?

Jauh ke belakang di tahun 2006 sebelum iPhone pertama lahir, ternyata Android sempat memiliki ponsel prototype bernama “Sooner”. Tidak seperti smartphone Android yang sekarang beredar, Sooner memiliki desain tombol QWERTY layaknya ponsel BlackBerry atau Nokia yang masih berjaya pada saat itu.

Bahkan, sepertinya pada masa awal Android, UI yang mereka sematkan pada Sooner terinspirasi dari UI BlackBerry. Meski akhirnya sekarang Android berubah menjadi OS mobile dengan jumlah pengguna terbesar di dunia.

[Baca juga: 12 Smartphone Android dengan Kamera Terbaik]

Layaknya ponsel QWERTY biasa, terdapat tombol navigasi di bagian tengahnya yang dikelilingi tombol Home, favorit, kembali (Back) dan kontak telepon, dan juga ada tombol angkat dan tolak panggilan telepon di sisi kanan dan kiri.

Layar yang diusung Sooner juga tak terlalu besar, karena hanya memiliki resolusi 320 x 240 piksel saja. Untuk spesifikasinya, tentu saja masih sangat “jadul” jika dibandingkan smartphone Android sekarang. Sooner hanya dibekali RAM 64MB, kamera berukuran 1.3MP, konektivitas GPRS, dan slot microSD.

Bisa dikatakan, sebelum Google memulai “perang” dengan raja ponsel saat itu yakni Nokia dan pendatang baru di dunia smartphone yakni iPhone, Sooner merupakan tonggak penting dalam transisi Android dari bentuk ide menjadi sebuah produk.

[Baca juga: Benarkan Android Lebih Bisa Diandalkan Ketimbang iOS?]

“Ini adalah saat-saat kegembiraan besar bagi kami. Sooner merupakan puncak ‘gunung es’ dari Android dan itu merupakan hal pertama yang saya ‘lihat’ ketika Android berjalan. Sooner merupakan sebuah ide, konsep dan contoh fisik pertama Android di dunia meski hal itu masih sebatas rahasia saja,” ujar Product Manager T-Mobile, Des Smith.

Meski Ia juga mengungkapkan jika Sooner belum pernah dipublikasikan pada masyarakat, Sooner menurutnya merupakan perangkat yang sangat penting dalam sejarah Android hingga kini karena lewat ponsel prototyipe itulah akhirnya Android berubah menjadi salah satu OS dengan pengguna terbanyak saat ini. (FHP/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here