Bug Sofware Asus ZenFone 2 Kuras Memori Internal

Telset.id, Jakarta – Jika Anda pemilik smartphone Asus Zenfone 2, mungkin Anda sudah merasakan adanya masalah pada penyimpanan data di smartphone tersebut. Jika itu yang terjadi, Anda tidak sendirian. Karena sejumlah pengguna Zenfone 2 juga merasakan masalah serupa.

Keluhan tersebut disampaikan para pengguna Zenfone 2 di forum Asus dan Reddit. Para pengguna mengeluhkan adanya bug software yang menuh-menuhin penyimpanan internal perangkat. Bug itu menumpuk hingga beberapa gigabyte data atau log file yang tidak berguna.

Seperti kebanyakan elektronik konsumen yang menjalankan sistem operasi perangkat lunak, Asus Zenfone 2 menciptakan file log untuk berbagai alasan, baik itu perawatan, diagnosa, atau bentuk lain dari sistem pembukuan.

Sama seperti perangkat dengan sistem operasi lainnya, Asus ZenFone 2 juga menciptakan log file untuk berbagai alasan, baik itu untuk perawatan perangkat, diagnosa, atau menyimpan catatan.

Daftar log file tesebut seharusnya bisa dikurangi secara otomatis oleh smartphone sehingga tidak memakan ruang penyimpanan dengan data yang tidak jelas. Namun tampaknya ada sesuatu yang membuat perangkat Asus tidak mampu melakukan perintah tersebut.

Dan parahnya lagi, beberapa aplikasi yang seharusnya bisa membantu mengurangi log file juga tidak mampu memberitahu Anda bisa ada sesuatu yang salah. Log file disimpan dalam partisi di sistem Android, yang tidak dapat diakses tanpa akses root.

Sayangnya, para pengguna ZenFone 2 tidak dapat melakukan apa pun untuk menyelesaikan masalah ini, tanpa harus lebih dulu melakukan rooting perangkat. Jika ini dilakukan (rooting perangkat), maka akan bisa menghilangkan garansi smartphone.

Bug tersebut terdapat di dalam folder data/logs/modemcrash, yang kemudian bobot file-nya bertambah besar dengan sangat cepat karena log-log yang tidak terpotong dengan sendirinya. Akhirnya, dalam beberapa hari saja ruang penyimpan data akan habis. Folder ini tidak dapat dikosongkan tanpa bantuan akses root.

Belum ada keterangan dari pihak Asus mengenai masalah. Tapi para pengguna curiga bug ini datang dengan update OTA terbaru. Mudah-mudahan Asus segera tahu dan bisa dengan cepat memperbaiki apapun yang salah dengan software Zenfone 2.

Nah, bagaimana dengan Anda pengguna ZenFone 2 di Indonesia, apakah juga sudah mengalami masalah yang sama? Anda bisa memberikan komentar atau keluhan Anda di bawah tulisan ini. Kami menunggu laporan Anda. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here