Baterai Tablet Android Tetap Awet Meski Jarang Digunakan

Telset.id – Baterai pada tablet biasanya memiliki daya yang cukup besar karena untuk mendukung semua proses pada “ponsel besar” ini. Tapi kekurangan dari tablet ini adalah daya baterai yang cepat habis karena banyaknya proses yang berjalan meskipun tablet tidak digunakan.

Tapi jangan khawatir, Tim Telset.id akan membagikan tips bagaimana caranya memperpanjang umur baterai tablet Anda biar lebih awet, meski tidak digunakan. Simak tipsnya berikut ini:

Block Aplikasi Background dan Matikan Notifikasi
ximg_54f500645092a.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.kiC2prOlxP

Aplikasi yang berjalan di background memang membuat baterai cepat habis tidak hanya di tablet saja, di semua smartphone pun hal ini memang menjadi “momok” untuk baterai. Nah, jika kebetulan tablet Anda menganggur, lebih baik blok beberapa aplikasi yang memang memakan daya baterai dan paket Anda dengan cara masuk ke Settings > Sound & Notifications > App notifications. Terdapat daftar aplikasi yang muncul, pilih aplikasi yang ingin Anda block, kemudian ganti status Block menjadi On.

Gunakan Widget Power Control

Widget Power Control merupakan widget yang sangat berguna karena kita bisa mematikan dan menghidupkan fitur pada perangkat kita agar tidak terlalu menghabiskan daya baterai seperti WiFi, Bluetooth, GPS, Background Data Sync, dan Screen Brightness.
650x354ximg_54f50902bc195.jpg.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.hNoq3B_le6

Nah, jika saat waktu tidur Anda tidak ingin diganggu dan juga ingin menghemat baterai, lebih baik matikan fitur-fitur yang dirasa sangat memakan daya baterai.
650x318ximg_54f516c154d55.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.-qFImhtGUx

Matikan WiFi saat Layar Mati

Cara yang bagus lainnya adalah dengan mematikan koneksi WiFi ketika layar ponsel dalam keadaan mati untuk menghentikan sinkronisasi data secara background untuk menghemat daya baterai. Namun sebelumnya Anda harus mematikan paket data juga agar usaha ini tidak sia-sia karena akan sama saja jika WiFi mati, namun paket data masih dalam keadaan menyala.
ximg_54f51bcaa2d5f.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.uS0GpND4_U

Untuk menggunakan fitur tersebut, masuk ke Settings > Wi-Fi > tekan tombol berbentuk tiga titik di kanan atas layar > Advanced. Setelah masuk ke menu Advanced, pilih Keep Wi-Fi on during sleep, kemudian pilih Never.
ximg_54f525a1dcf01.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.x50R0OZOWK

Hal lainnya yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan Airplane Mode untuk membuat ponsel “terputus” dari dunia luar.

Gunakan Battery Saver dari Lollipop
ximg_54f53921994f3.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.9opZiDbZdv

Google telah menambahkan fitur Battery Saver yang akan menghemat baterai kita saat dalam kondisi “kritis”. Caranya adalah masuk ke Settings > Battery > tekan tombol berbentuk tiga titik di kanan atas layar > Battery Saver.
ximg_54f53945e25de.png.pagespeed.gp+jp+jw+pj+js+rj+rp+rw+ri+cp+md.ic.S14IhhvF5iKemudian pastikan status dari battery saver diset On dan pilih fitur ini diaktifkan saat baterai dalam persentase berapa.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -