Bar Ini Blokir Wi-Fi Biar Pelanggan Tidak “Autis”

Telset.id, Jakarta – Sebuah bar di Inggris mencoba mendobrak kebiasaan yang kadung berkembang belakangan ini, dimana orang-orang cenderung menjadikan bar sebagai tempat menyendiri. Entah itu untuk bekerja atau hanya sekedar berinteraksi dengan smartphone-nya, dengan memanfaatkan fasilitas wi-fi yang disediakan di tempat tersebut.

Bagi Steve Tyler, pemilik bar bernama Gin Tub di wilayah Hove, Inggris, kenyataan yang dilihatnya ini – dimana pelanggan tidak saling berbicara satu sama lain, adalah hal yang sangat membosankan. Dan dirasa harus diubah.

Oleh sebab itu, diapun berpaling ke ilmu pengetahuan, dengan membangun sebuah sangkar Faraday di sekitar bar untuk memblokir sinyal Wi-Fi. Sangkar Faraday sendiri merupakan sebuah sangkar atau tempat yang mampu memblokir medan listrik. Sangkar ini dibentuk dari bahan konduktif atau dengan jaring dari bahan-bahan tertentu yang berfungsi untuk menghalangi arus listrik atau gelombang radio.

sebuah sangkar atau tempat yang digunakan untuk memblokir medan listrik. Sangkar ini dibentuk dari bahan konduktif atau dengan jaring dari bahan-bahan tertentu

“Ini sama sekali tidak sulit. Ini kertas timah perak di dinding dan itu jala tembaga,” kata Tyler kepada Sky News.

Gin Tub

Belum sepenuhnya jelas apakah yang dilakukan Tyler ini legal atau tidak. Di AS, pemerintah tidak setuju dengan orang-orang yang, misalnya, menggunakan jammer untuk memblokir sinyal ponsel.

Di Inggris, sangkar Faraday tampaknya masih dimaklumi, karena mereka tidak secara proaktif memblokir sinyal. Mereka hanya membuat itu sulit untuk didapat.

Pada halaman Facebook Gin Tub, beberapa mengaku terpikat dengan ide sangkar Faraday ini, sementara beberapa lagi tidak.

Tyler sendiri menegaskan sekali lagi bahwa idenya ini bukan untuk membuat orang terperangkap, apalagi ketika mereka membutuhkan bantuan atau berada dalam situasi bahaya. Pasalnya, ada jalur evakuasi untuk keadaan darirat.

“Aku ingin mereka berbicara dengan orang-orang yang ada disampingnya, bukan orang-orang yang tidak ada bersama mereka,” lanjutnya seperti dikutip CNET. [IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -