Ada Masalah Cacat Produksi di Samsung Galaxy Note 7?

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy Note 7 merupakan salah satu dari banyak smartphone terbaik yang diluncurkan di tahun ini. Bicara soal desainnya, bodi lengkung phablet andalan Samsung ini memang keren. Tapi beberapa waktu lalu terungkap ada sedikit masalah yang dianggap “cukup mengganggu” kenyamanan pengguna Galaxy Note 7.

Sejak diluncurkan secara resmi, Galaxy Note 7 langsung mendapat respon positif. Samsung telah banyak mendapatkan feedback dari para pelanggan karena perusahaan ini telah meningkatkan desain dan estetika dari smartphone ini.

Bahkan, saking banyaknya orang yang sangat antusias dengan Samsung Galaxy Note 7, Samsung kewalahan untuk dapat mengirimkan pasokan secara global yang menandakan bahwa memang smartphone ini sudah memikat banyak hati orang.

Tapi memang tidak ada yang sempurna di dunia ini. Begitupun dengan Galaxy Note 7 juga sebenarnya tidak terlalu sempurna. Ada beberapa masalah yang didapati di smartphone canggih ini, yang mungkin akan menjadi pertimbangan saat akan membelinya.

Nah, seperti dikutip dari Mobipicker, ada beberapa masalah yang ditemukan pada Galaxy Note 7. Meski masalahnya memang tidak terlalu berat, namun cukup menggangu karena tidak terlihat sempurna.

Body belakang Galaxy Note 7 tidak terlindung Gorilla Glass 5?

Gorilla Glass 5 di Samsung Galaxy Note 7 memang jauh lebih awet dibandingkan dengan versi sebelumnya. Tapi jika Anda menyimak beberapa tes pada Galaxy Note 7 yang sudah tim Telset.id tulis sebelumnya, Anda akan bisa melihat bahwa Gorilla Glass 5 sangat rentan terhadap goresan.

Mungkin Anda tidak akan terlalu menyukai Gorilla Glass 5 jika sering menyimpan smartphone di dekat benda keras yang runcing, seperti gantungan kunci atau barang lainnya. Namun Corning juga sudah membantah hasil tes tersebut, dan mengatakan bahwa pengujian yang dilakukan kepada Gorilla Glass 5 terlalu “over dosis” alias tidak sesuai standar industri.

Tapi ini mungkin bukan satu-satunya masalah yang ada di Galaxy Note 7. Ada masalah lain pada Note 7 yakni kualitas body bagian belakang lebih rentan akan kerusakan daripada bagian depan. Sebuah video yang diunggah oleh channel TechRax memperlihatkan smartphone yang diuji menggunakan palu dan alat gores.

Sebuah video dari Zach Straley yang memperlihatkan drop test Note 7 yang dibandingkan dengan iPhone 6s dan Galaxy Note 5. Di dalam video ini, Anda akan melihat bagian belakang dari Galaxy Note 7 lebih mengenaskan ketimbang dua ponsel rivalnya.

Jadi jika melihat dari dua video tersebut, apakah ada kemungkinan bahwa body bagian belakang Samsung Galaxy Note 7 tidak dilindungi Gorilla Glass 5?

Cahaya Keluar dari Layar Edge Note 7

Seorang pengguna dengan akun TachyonGun mengungkapkan pada Reddit bahwa Galaxy Note 7 mungkin memiliki kelemahan. Dia mengatakan bahwa dirinya harus mengirim Note 7 sebanyak tiga kali sebelum Samsung benar-benar mengakui masalah tersebut dan juga menjelaskannya.

Masalahnya adalah cahaya yang dibiarkan menyelinap keluar tepat di sebelah bagian tepi layar lengkung (edge) Galaxy Note. Seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah, ada nampak garis putih di sisi layar yang berasal dari sinar yang bocor menembus bezel.

Samsung Galaxy Note 7 sinar keluar dari samping

“Saya akhirnya menerima telepon dari Samsung, setelah mengirimkan pesan ke mereka (Samsung) sebanyak tiga kali. Mereka akhirnya memberikan jawaban, tapi menyimpulkan tidak ada celah antara layar dan bezel,” tulis TachyonGun di forum Reddit.

Dia menambahkan, sebenarnya ada frame di bagian layar yang dicat, dan sepertinya cat tidak menutupi sepenuhnya.

“Ponsel saat diterima dalam keadaan disegel, tapi ini mungkin masalah cacat produksi. Dan masalahnya, kondisi ini kemungkinan tidak ada perbaikan dari pihak Samsung, karena tidak masuk kerusakan yang dijamin dalam garansi,” tambahnya.

Well, untuk saat ini sepertinya Galaxy Note 7 belum banyak menerima complain dari pengguna, karena masih dalam proses pengiriman ke beberapa negara, termasuk Indonesia.

Jadi nanti jangan kaget kalau kebetulan menemukan masalah ini pada perangkat yang Anda pesan. Mungkin tidak semua unit Galaxy Note 7 mengalami masalah serupa, karena biasanya cacat produksi tidak terjadi pada semua unit yang diproduksi. Semoga Anda beruntung. [FHP/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -