7 Fitur Google Maps yang Patut Dicoba

Google selalu menerapkan fitur – fitur yang sangat berguna pada aplikasi yang mereka buat untuk penggunanya seperti Google Maps misalnya. Nah, Tim Telset.id akan memberitahu kepada Anda apa saja fitur-fitur dari Google Maps ini yang pastinya sangat berguna bagi Anda.

Cari dan Navigasi lewat Offline Maps

Ketika kita sedang menggunakan Google Maps, fitur untuk menyimpan map yang memungkinkan kita untuk mengaksesnya jika tidak memiliki paket data merupakan fitur yang sangat membantu. Anda bisa mengunduh map dari lokasi sekitar sampai lokasi satu kota ke perangkat Android.

new-google-maps-tips-download-offline-areas_1-100661443-large

Untuk mengunduhnya, tekan dimana saja pada layar, lalu akan muncul detail dari map tersebut, kemudian tekan tombol Download untuk mengunduh map tersebut atau saat kita saat kita menekan layar, pilih tombol Menu yang berada di kanan atas layar kemudian tekan Download Offline Area.

Untuk menghapus atau memperbaharui map yang tersimpan, tekan tombol berbentuk “hamburger” yang berada di kiri atas lar, kemudian Offline areas, klik map tersebut kemudian pilih apakah ingin menghapus atau memperbaharuinya.

Kirim Alamat dari PC ke Ponsel

Kita juga bisa mengirimkan map yang ingin dituju ke ponsel dari PC dengan menggunakan fitur Send to Your Phone.

new-google-maps-tips-send-directions-to-phone_2-100661446-large

Caranya adalah dengan membuka halaman Google Maps di browser Anda, kemudian cari lokasi sesuai keinginan. Jika sudah, maka akan terlihat tombol Send to Your Phone. Tekan tombol tersebut dan nantinya lokasi akan muncul sebagai notifikasi pada semua perangkat yang menggunakan akun Google Anda.

Lihat atau Sembunyikan Kontak pada Map

Untuk mencari alamat dari kontak Anda (sebelumnya sudah ditambahkan di Google Maps), cari nama kontak tersebut di search bar. Kemudian klik kontak tersebut, akan muncul alamat kontak dan jika Anda ingin menyembunyikan alamat kontak tersebut, tekan tombol Menu yang berada di dalam info alamat tersebut, kemudian klik Hide contact in Maps.

new-google-maps-tips-hide-contact-from-map_3-100661445-large

Sama halnya jika kita ingin melihat kontak tersebut, bedanya kita menekan tombol See Contact.

Menambah Label Private ke Satu Lokasi

Jika Anda memiliki satu “nama panggilan” terhadap tempat tertentu dan ternyata nama tersebut beda dengan nama yang ditetapkan oleh Google Maps pada lokasi tersebut, Anda bisa menambahkan label pada tempat dengan nama yang Anda inginkan. Agar nantinya Anda bisa langsung mencari nama tersebut di search bar Google Maps.

new-google-maps-tips-add-a-private-label-to-a-place_4-100661441-large

Caranya adalah dengan menekan tempat tersebut, tekan tombol Menu yang berada di kanan atas layar, kemudian pilih Add label, dan tulis nama label sesuai keinginan.

Mengubah Ikon dari Home atau Work

Anda bisa mengubah ikon dari alamat Home atau Work pada Google Maps dengan menekan tombol Menu (berbentuk hamburger), kemudian pilih Your Places, kemudian pada tab Labeled terdapat alamat Home dan Work Anda. Tekan salah satu dari alamat tersebut dan klik Give your home icon a new look. Terdapat lebih dari 30 ikon yang bisa Anda pilih.

new-google-maps-tips-change-your-home-or-word-icon_5-100661442-large

Menghitung Jarak dari Satu Tempat ke Tempat Lainnya

Jika ingin mengetahui jarak sebenarnya menuju dari lokasi ke tempat yang Anda inginkan, caranya adalah dengan menekan jalan sampai muncul pin berwarna merah, kemudian geser ke atas hingga terdapat opsi Measure distance, klik opsi tersebut. Kemudian tinggal drag saja sampai menuju lokasi atau tempat yang Anda inginkan.

new-google-maps-tips-measure-distance_6-100661447-large

Mengetahui Jadwal Transportasi Umum

Ingin mengetahui jadwal dari KRL yang ingin Anda naiki? Cobalah menggunakan Google Maps. Caranya adalah dengan menekan station ataupun tempat transportasi umum di sekitar. Misalnya pada search bar kita ketikkan “Statiun Bogor” kemudian Google Maps akan langsung menampilkan alamat dari Statiun Bogor. Geser ke atas kemudian terdapat jadwal Trains. Klik jadwal tersebut untuk melihat jadwal lengkap dari KRL yang ada pada statiun tersebut.

Screenshot_2016-06-01-15-18-04Screenshot_2016-06-01-15-15-52(1)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -