4 Trik Bikin Ruang Penyimpanan iPhone Lebih Lega

iPhone 8

Telset.id, Jakarta – Ruang penyimpanan iPhone yang tak dapat ditambahkan menjadi permasalahan para penggunanya. Sebagai gantinya, Apple memang menyediakn lokasi penyimpanan secara online melalui iCloud.

Namun ternyata, banyak para pengguna iPhone yang masih enggan menggunakan tempat penyimpnanan online tersebut. Mereka lebih memilih menghapus beberapa aplikasi atau file untuk memperluas tempat penyimpanan mereka.

Akan tetapi, ada cara yang lebih mudah dan simpel dalam membebaskan ruang penyimpanan di iPhone tanpa harus menghapus aplikasi atau file. Penasaran bagaimana caranya? Jika penasaran, silahkan simak empat trik membebaskan ruang penyimpanan di iPhone yang telah kami lansir dari laman Cnet berikut ini.

1. Stop Menyimpan Pesan Singkat Selamanya

Penyimpanan pesan singkat di iPhone secara pabrikan diseting untuk disimpan selamanya. Padahal, pesan yang dikirim atau diterima oleh pengguna iPhone menggunakan memori untuk menyimpannya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan fitur penghapusan otomatis yang disediakan oleh iPhone. Caranya, cukup buka menu Setting, lalu pilih Messages. Setelah itu, cari menu Message Histories.

Setelah menemukannya dan masuk, tekan Keep Messages yang akan membuka tampilan pengaturan penyimpanan pesar. Di sini Anda tinggal memilih jangka waktu yang diinginkan, mulai dari 30 hari atau 1 tahun masa penyimpanan.

Lalu setelah memilih, klik Delete untuk menghapus pesan yang telah ada selama waktu yang dipilih dan menyimpan pengaturan.

2. Jangan Menyimpan Foto Ganda

Penggunaan aplikasi Instagram di iPhone ternyata menjadi salah satu penyebab banyaknya foto ganda di perangkat. Hal ini dikarenakan saat menggunakan fitur HDR, Instagram secara otomatis akan menyimpan dua foto yang sama, namun dalam dua versi.

Untuk mencegah terjadinya penyimpanan foto ganda ini, caranya sangat mudah. Anda tinggal buka Setting dan piih Photo & Camera. Setelah itu scroll kebawah dan cari Keep Normal Photo. Setelah ketemu, Anda tinggal menonaktifkannya dengan mengetuk toggle di samping pilihan tersebut.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menonaktifkan penyimpanan ganda di aplikasi Instagram itu sendiri. Caranya, buka aplikasi Instagram, lalu ketuk profil Anda.

Setelah itu, ketuk Setting (ikon gir) di pojok kanan atas. Setelah muncul, Anda bisa menghilanglan centang di pilihan Save Original Photos.

3. Pastikan Membersihkan Cache Peramban

Jika Anda menggunakan Savari untuk membukan laman di internet, maka iPhone Anda secara konstan akan menyimpan histori web dan data yang sebenarnya tidak perlu tersimpan.

Untuk menghapusnya sangatlah mudah. Anda tinggal buka Setting, lalu pilih Safari. Cari kebawah Clear History and Website Data. Setelah ketemu, Anda hanya tinggal mengetuk pilihan tersebut.

Jika Anda menggunakan peramban lain, caranya sama. Yang membedakan adalah di menu Setting, Anda hanya perlu memilih peramban yang sering digunakan.

4. Hapus Musik Anda

Mendengarkan musik secara offline kini mulai ditinggalkan oleh sebagian besar pengguna ponsel pintar di seluruh dunia. Kebanyakan mereka menggunakan aplikasi streaming musik seperti Apple Music untuk mendengarkan musik.

Namun ternyata, dalam menggunakan aplikasi ini, sering kali pengguna tak sengaja mengunduh musik yang sedang didengarkan. Tentunya file musik akan cukup memakan banyak tempat dalam memori penyimpanan internal iPhone Anda.

Cara menghapusnya adalah dengan pergi ke Setting, lalu pihil General. Selanjutnya pilih Storage & iCloud Usage dilanjutkan dengan memilih Manage Storage.

Setelah itu, tinggal cari Apple Music dan mulai menghapus lagu yang ada di iPhone Anda.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here