Begini Cara Bikin Kacamata Gerhana Matahari

Telset.id – Besok, tanggal 9 Maret akan terjadi fenomena alam Gerhana Matahari Total. Peristiwa alam yang langka ini akan melintasi beberapa wilayah di Indonesia. Tapi harus diingat, Anda sangat tidak dianjurkan untuk melihat gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang.

Gerhana matahari tidak boleh dilihat secara langsung dengan mata telanjang. Dampak terburuk adalah menyebabkan kebutaan permanen. Hal itu disebabkan sinar Matahari yang sangat terang dapat membakar retina mata, sehingga menyebabkan kebutaan.

[Baca juga: Bagaimana Melihat Gerhana Matahari dengan Aman]

Melihat gerhana matahari total tidak berbahaya asal dilakukan dengan cara-cara yang aman. Untuk melihatnya, Anda dianjurkan menggunakan kacamata berfilter Matahari untuk melindungi mata.

Anda tak perlu bingung untuk bisa mendapatkan kacamata berfilter, karena Anda bisa membuatnya dengan peralatan yang sederhana dan murah. Telset akan memberikan tips membuat kacamata berfilter Matahari.

Kacamata filter matahariBahan-bahan yang diperlukan:

  1. Pola kacamata Matahari, download gratis di sini.
  2. Filter Matahari (boleh merk Seymour atau Baader, wajib tipe Neutral Density 5).
  3. Cutter atau gunting.
  4. Lem.
  5. Kertas karton putih yang kuat

Cara membuat:

1.Download pola kacamata Matahari, lalu print/cetak di kertas karton yang telah disiapkan.

  1. Potong sesuai pola dengan cutter atau gunting.
  2. Lipat pola yang ditandai dengan garis putus-putus.
  3. Lubangi empat kotak lensa dengan cutter atau gunting.
  4. Potong filter Matahari sedikit lebih besar dari kotak lensa, lalu sisipkan.

Lem semua sisi sehingga kacamata Matahari menjadi seperti gambar di atas.

Kacamata filter matahari tutorial

Perlu diketahui, Anda diharuskan menggunakan filter Matahari yang memang dikhususkan untuk melihat Matahari secara langsung. Jangan menggunakan bekas disket, karena tidak cukup aman dan tidak mampu meredam silau Matahari yang dapat membakar retina mata sehingga menyebabkan kebutaan.

Cara menggunakan kacamata Matahari ini cukup kenakan di siang hari atau saat momen gerhana Matahari, lalu arahkan pandangan ke Matahari. Jangan sekali-kali Anda melihat langsung ke arah Matahari tanpa kacamata Matahari berfilter khusus.

Anda dapat membeli filter Matahari di toko aksesoris kamera, toko teleskop, toko perangkat keras atau bisa juga membelinya secara online di toko-toko online terkemuka di Indonesia maupun luar Indonesia.

Jika Anda tidak sempat membeli filter Matahari, Anda dapat menggantinya dengan negatif film hitam-putih (jangan yang berwarna). Negatif film hitam-putih harus diekspos atau dipapar di bawah sinar Matahari minimal 60 detik, selanjutnya harus dicuci di studio foto.

Potong dan rekatkan hingga tiga lapis atau tiga tumpuk. Filter dari negatif film ini sudah cukup aman untuk pengamatan Matahari maksimal hingga 2 menit. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here