Akun BBM di Hack untuk Penipuan? Begini Cara Atasinya!

Telset.id, Jakarta – Penipuan dengan menggunakan media smartphone memang bukan hal baru di dunia telekomunikasi. Dulu, kita mengenal istilah “Mama Minta Pulsa”, sebuah modus penipuan yang menggunakan media SMS untuk menjebak calon korban. Lalu ada modus telpon palsu yang meng-atasnamakan teman atau kerabat. Dan sekarang marak modus penipuan via BBM yang dilakukan dengan cara meng-hack BlackBerry ID pengguna BBM.

Modus jenis ini (via BBM .red) sebenarnya sudah teridentifikasi sejak tahun lalu. Seiring dengan ramainya pencurian akun email dan data lainnya menggunakan teknik social engineering, sebuah metode yang digunakan oleh hacker untuk memperoleh informasi tentang targetnya, dengan cara meminta informasi itu langsung kepada korban atau pihak lain yang mempunyai informasi tersebut.

Dalam konteks penipuan via BBM, hal pertama yang dilakukan oleh para penipu ini adalah mendapatkan informasi BlackBerry ID dan passwordnya. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari memanfaatkan keteledoran pengguna yang menggunakan password email mudah ditebak ataupun menggunakan single password untuk semua akunnya, hingga menggunakan teknik fake login.

Jenis yang terakhir biasanya disertai iming-iming suatu hal yang menarik sehingga orang terpancing untuk meng-klik dan meng-input BlackBerry ID dan password mereka. Misal dengan memberikan link video yang mensyaratkan pengguna untuk login menggunakan akun email ataupun BlackBerry ID untuk melihat konten yang dijanjikan.

Nah… bermodal informasi BlackBerry ID dan password yang mereka dapat, para penipu ini lantas “mengambil” alih akun BBM dan mulai mengirimkan permintaan-permintaan khusus ke kontak-kontak yang ada di BBM. Mulai dari minta dikirimkan pulsa hingga transfer sejumlah uang.

Modus ini bisa dikemas menjadi sangat meyakinkan, karena para penipu bisa mempelajari gaya bahasa dan mengetahui identitas calon korban melalui history percakapan akun BBM yang di hack. Sehingga mereka bisa dengan mudah meyakinkan calon korban dengan pesan BBM yang seolah-olah dikirim oleh teman kerja, kerabat, atau bahkan keluarga dekat.

Untuk terhindar dari modus penipuan semacam ini, ada baiknya pengguna BBM mengganti password email dan BlackBerry ID. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke akun email yang digunakan sebagai BlackBerry ID.
  2. Ganti password akun email dengan password yang tidak mudah ditebak.
  3. Pada beberapa akun email, disediakan opsi untuk alamat email cadangan untuk pengiriman password jika sewaktu-waktu Anda lupa password email Anda. Oleh karena itu, pastikan opsi email cadangan sesuai dengan akun email Anda yang lain.
  4. Setelah Anda mengganti password email Anda, masuk ke menu setting di BBM Anda, lalu pilih forgot password.
  5. BlackBerry akan mengirimkan link ke email Anda untuk mengganti password BlackBerry ID, pastikan Anda menggunakan password yang sulit untuk ditebak.
  6. Setelah selesai mengganti password, masuk ke menu setting BBM dan ganti password BlackBerry ID sesuai dengan password yang baru.
  7. Selamat mencoba!

 

103 KOMENTAR

    • kemungkinan besar itu masih bisa diganti gan, masukin aja email bb id yg di ganti sama bb id kita terus sign in ke bb id tapi menggunakan pasword id kita yang lama kalau udah masuk baru edit account ganti aja semua data termasuk email yg mereka ganti sama account baru.

      • Kalo misalnya id nya udah dicoba berulang kali tapi tidak bisa ditembus gimana bang ,dan nulis karakter dri bbm id pun tidak bisa gimana itu min

  1. Saya baru aja kejadian, bbm saya ky nya di hack ciri2nya sama seperti yang di sebutkan di atas. Tolong gimana solusi nya?

  2. Betul maah itu bukan.mengatasi tp mencegah.. yg bener dong artikelnya. Lhaah kalo udah kejadian dihack bagaimana mengembalikan nya naah itu mengatasi.

  3. Stupid gimana..itu benner..w baru kena hack 2 hari yg lalu..jd modus sama dengan yg d tulis admin..jd jangan sembarangan buka video BC…itu pesan saya..pake pengaman d hp anda..kira2 video yg g d percaya langsung d blok..itu dari saya

  4. Hati2, jangan masukkan id BBM anda di situs ini: iklanpremium.esy.es
    Sepertinya Situs di atas termasuk pencuri BBM ID

  5. http://info-terbaru… ni salah satu situs kampret.. Teman ada yg kenak.., mohon pencerahan bagaimana caranya id bbm yg udh di ambil/di hack tsb tdk bisa lagi digukan oleh yg ngambil..

  6. Hi! baru aja bbm Papa saya di hack dan minta2 pulsa. Sudah ada yg terlanjur transfer pulsa. Tapi alhamdulillah udah berhasil menghapus bbm id yg dipegang hackers. Begini caranya:

    1. jangan panik
    2. beri tahu teman terdekat untuk bahwa bbm sedang dihack dan memintanya membroadcast ke teman lain
    3. cek email yang dipakai untuk BBM ID. Cek di trash, ada pemberitahuan dari donotreply tentang penggantian email BBID ke email yang baru (yg bukan email kita).
    4. nah, biasanya hackers tidak membuat email baru tsb, tetapi hanya mengganti bb id dengan email random. jika beruntung, email tersebut sebenarnya belum ada yg punya. coba buat akun dengan email id yg hackers pakai tersebut. Email tentang perubahan BBID pasti sudah ada di inbox, segera hapus BBM ID melalui email ini. Dengan klik “hapus akun” maka BBM yg dipegang hackers sudah tidak bisa diakses lagi.
    5. Ganti password email lama yg mungkin sudah diketahui hackers (untuk keamanan)

    semoga membantu

    • Maksudny buat akun apa ya? Saya dah temuin org yg ambil blackberry id saya, dya sudah rubah emailnya. Cara saya ambil kembali bgmn ya, mohon bantuannya

    • Halo mba ayu. Bbm saya di hack dan saya sudah mencoba tahap2 yg mba sebutkan diatas. Saya sudah bikin email baru sesuai yg dipake sama hackernya. Tapi ga ada email jejak dari BBM. Setelah saya masukan username dengan email yg dipakai hacker DI BBm dan klik forgot password, ada answer yg harus dijawab dan tidak saya ketahui jawabannya. Iningimana ya ngatasinya?

      • answer dijawab salah2 aja gakpapa…pilih delete account….ntar kalau jawabanya salah sampe 10 kali otomatis akan diblock 15 menit….tapi di email masuk kok utk permohonan deletenya.. tekan aja delete…beres….

    • yesss,,, ini manjur banget. bbid baru yang dibuat hacker itu email random, jadi segera buat email baru yang sama dengan bb id yang dibuat hacker. setelah email berhasil dibuat, coba login ke bb, kemudian masukkan bb id yang di hack, klik reset password, masukkan jawaban pertanyaan keamanan 2 kali salah, kemudian klik delete account, link delete bbid akan dikirim ke email yang baru anda buat itu. klik link nya beres. hanya resikonya, kita sudah tidak bisa recovery bbm contact.
      terima kasih solusinya mb ayu, sy baru aja di hack dengan modus yang sama, temen saya ada yang udah transf.
      sy coba langkah” diatas dan berhasil.
      semoga bermanfaat.

    • bagaimana jika email yg mrk pake itu rocketmail? sdangakan rocketmail kan udah ditutup jd otomatis kita gak bisa bikin akun untuk menyamakannya ka? ditakutkan bbrapakontak di manfaatkan oleh pelaku

    • saya sudah mencobanya. Tapi saat saya masuk dengan email yg dia buat baru. Ternyata tidak ditemukan email dengan nama itu. Itu bagaimana ya mbak

    • Saya udh bikin akun email dg bb id yg sudah diganti sm hacker.
      Tp kok ga ada inbox pmberitahuan dr blackberry untuk.hapus akun ya?

    • mb ayu mau tanya kalau di trash nya gak ada pesan dari donotreply tentang penggantian email BBID ke email yang baru gimana??

    • Wuaahh membantu sekali.. Barusan akun BBM ku juga dihack orang, nyari artikel dimanapun gada yang bisa ngasih solusi. Untung aku baca komen ini. Makasih ya mba ayu, i really got my account back ^^

    • Mba ayu itu gmna klo bbmnya ke hack terus bbmnya tiba2 keluar sendiri terus ada tulisan bb id blm sah pas mau masuknya itu gmna yah cara ngehapus bb idnya mba soalnya pas saya liat2 diawal bbm itu gaada tulisan trash nya? Mohon bantuannya soalnya udah ada korban dri yg ngehack bbm saya

    • Saya sudah mengikuti langkah diatas dengan mmbuat akun emial yg hacker buat random, tapi tidak ada pesan di kotak masuk ataupun ditrash

  7. Apa di sini ada salah satu operator dr blackberry massenger. Akun saya di hack orang. Ntah bagai mana. Tp bbm id saya sdahganti email dan password. Padahal bbid saya sdah actif nomr hp. Tp knp saat di curi tidak ada pemberitahuan verivikasi dr sms ataupun email. Sangat mudah skali orang mencuri bbid. Keamanan blackberry msh sangat2 lemah. Tag ada jawaban untuk bbid yg tercuri

  8. Mohon bantuannya temen2, bbm saya kena Hacker,, sudah sukses ganti email dan tinggal 1 langkah untuk masuk lagi ke BBM.. “Masukkan Jawaban”.. Yg harus saya jawab apa? Mohon bantuannya..

    • Mbak ayu atau siapa saja yg bisa mengahapus akun bbm sy krn Sy udah di hack oleh penipuan tolong bantu ya ini pin sy 5cfdd1c9 terimakasih banyak

  9. yang pasti, hapuslah BBM, jgn dipake lagi. itu skrg bisa ganti2 BB ID. temen kantor uda byk yg di hack. kagak bisa dikembalikan lagi.

  10. Mba Ayu mnta tlong bantuannya..pin bbm D58F3B0C saya..telah dihack orang sdh 3 orang teman saya kena tipu orang mentransfer uang…sya mnta solusinya mksh