Ponsel Xiaomi di China Gak Bisa Gunakan Layanan Google

Xiaomi Google Mobile Services

Telset.id, Jakarta – Sejumlah pengguna HP Xiaomi di China tiba-tiba tidak bisa memasang layanan dari Google Mobile Services. Kira-kira apa penyebabnya?

Sebagai informasi, GMS atau Google Mobile Services dibutuhkan untuk menggunakan aplikasi utama dari Google, seperti Play Store dan lain sebagainya.

Namun di China, sejumlah produsen tidak memasang layanan Google Mobile Services ke perangkat mereka. Karena ada banyak toko alternatif yang menyediakan beragam jenis aplikasi.

{Baca Juga: Pertumbuhan Bisnis Xiaomi Melejit di Tahun 2020}

Beberapa pengguna yang lebih memilih menggunakan aplikasi dan layanan Google bisa menginstalnya sendiri. Namun terbaru, pengguna HP Xiaomi berbasis MIUI terbaru melaporkan bahwa mereka tidak dapat menginstal layanan Google Mobile Services.

Ponsel Xiaomi Tidak Bisa Install Layanan Google

Smartphone Xiaomi Google Mobile Services
Smartphone Xiaomi

Dalam pernyataan awal resminya, Xiaomi mengatakan bahwa fitur Google tersebut tidak lagi didukung. Pihak perusahaan mengaku akan memperbarui informasi saat ada detail terbaru.

Xiaomi telah mengonfirmasi bahwa ponsel pintar yang awalnya tidak memiliki layanan Google tidak lagi dapat menginstal layanan dan aplikasi tersebut.

Sebagian besar perangkat di China tidak mendukung Google Mobile Services karena layanan Google memang dilarang di Negeri Tirai Bambu tersebut.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Xiaomi tidak menyebutkan daftar smartphone yang terimbas masalah ini. Namun pengguna ponsel Xiaomi seperti Redmi K30 Ultra dan Redmi 10X 5G telah melaporkan bahwa mereka tidak dapat memasang aplikasi Google

Kemungkinan besar, hal ini terjadi karena perang dagang antara pemerintah China dan Amerika Serikat. Sebelumnya Huawei telah terkena imbas masalah ini, setelah produknya dilarang menggunakan komponen atau software buatan perusahaan asal Amerika Serikat.

{Baca Juga: Transaksi Poco M3 di Lazada Senilai Miliaran Rupiah Dibatalkan}

Bedanya dengan Xiaomi, mereka masih bisa menggunakan teknologi buatan perusahaan Amerika. Perusahaan juga masih bisa menikmati layanan Google atau menggunakan chipset dari Qualcomm.

Sampai berita ini diterbitkan belum ada keterangan atau solusi dari pihak Xiaomi bagi pengguna yang tidak bisa menggunakan layanan Google.

Ada kemungkinan, alternatif yang dipilih adalah mengunduh aplikasi dari toko aplikasi lain atau menggunakan aplikasi lain yang tidak terkait dengan layanan Google. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here