Xiaomi Brand Smartphone Nomor 3 Dunia Geser Apple

REKOMENDASI
ARTIKEL TERKAIT

Telset.id, Jakarta  – Xiaomi berhasil masuk brand smartphone nomor 3 dunia pada Q3 2020, menurut laporan dari tiga lembaga riset dan analisis data, yakni IDC, Counterpoint, dan Canalys.

Laporan dari Counterpoint menyebutkan performa yang baik dari Xiaomi untuk pasar di Indonesia serta negara lain di Asia Tenggara yakni Filipina dan Vietnam.

Peningkatan ini juga ditambah dengan ekspansi yang masif di pasar baru di kawasan Amerika Latin, Timur Tengah dan Afrika, serta Eropa.

{Baca juga: Xiaomi Klaim Dominasi Pasar TWS di Indonesia}

Menurut keterangan resmi Xiaomi yang diterima Telset, Selasa (3/11/2020), pada kuartal ini Xiaomi mencapai pengapalan smartphone terbesar, sebanyak 46,2 juta unit.

Yang menarik, Xiaomi berhasil melampaui pangsa pasar Apple dengan 13,1% berdasarkan laporan dari IDC dengan menyebut pertumbuhan 42% dibandingkan Q3 2019.

Performa ini kebanyakan disumbang oleh pasar India yang kembali pulih, serta pasar di China yang makin kokoh. Di India, kapasitas produksi Xiaomi telah pulih ke tingkat 85% sebelum pandemi Covid-19.

Sementara itu, laporan dari Canalys menyebut pelonggaran terhadap pembatasan tempat usaha pergerakan manusia menyebabkan jumlah pengapalan smartphone hanya turun 1% dibandingkan Q3 2019.

Pada kuartal ini, Xiaomi agresif dalam menghadirkan smartphone dalam jumlah besar untuk mengisi kekosongan yang diakibatkan penurunan produksi dari brand lain. Di pasar Eropa, Xiaomi tumbuh sebesar 88%.

“Bagi Xiaomi, pencapaian ini tidak lepas dari Mi Fans di Indonesia yang memberikan dukungan tanpa henti,” kata Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse.

“Di tengah kondisi seperti sekarang, kita tetap membangun optimisme dengan menghadirkan berbagai produk dan inovasi dari smartphone dan perangkat pintar,” sambungnya.

{Baca juga: Xiaomi Siap-siap Serbu Pasar Afrika}

Berdasarkan laporan keuangan Semester I 2020, Xiaomi mencatatkan pendapatan sebesar 103,24 miliar renminbi dan laba bersih 5,67 miliar renminbi.

Untuk pasar Indonesia, Canalys juga menyebut Xiaomi menguasai pangsa pasar produk audio pintar di Indonesia hingga 44,2% berdasarkan riset yang dipublikasikan bulan Juli 2020. [HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini


ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI