telset

Xiaomi Klaim Dominasi Pasar TWS di Indonesia

Telset.id, Jakarta – Xiaomi mengumumkan bahwa mereka menjadi produsen true wireless stereo atau TWS dengan pangsa pasar paling besar di Indonesia. Ini berdasarkan hasil riset dari Canalys yang dirilis tanggal 15 Juli 2020.

Hasil riset tersebut menunjukkan produk perangkat audio pintar pribadi yang tumbuh secara eksponensial di kawasan Asia Pasifik, salah satunya dibantu oleh kiprah produsen smartphone seperti Xiaomi.

Xiaomi menguasai pangsa pasar TWS di Indonesia hingga 44,2 persen diikuti kompetitor di peringkat berikutnya dengan pangsa pasar 23,9 persen.

{Baca juga: Update MIUI 12 Siap Rilis, Ini Daftar HP yang Kebagian}

Kesimpulan ini berdasarkan riset yang dilakukan Canalys pada bulan Mei 2020, yang menyebut negara-negara di Asia Tenggara menjadi prioritas bagi produsen smartphone karena pertumbuhan produk TWS pada kuartal pertama 2020 melesat.

Kuncinya adalah tawaran produk dengan rentang harga yang beragam mulai tingkat entry-level hingga high-end.

Untuk pasar Asia Pasifik, Canalys memperkirakan pengapalan produk audio pintar tumbuh hingga 61 persen year-on-year atau dibandingkan tahun sebelumnya hingga menyentuh angka 16 juta unit pada kuartal I 2020.

Kontribusi sebesar 21,1 persen menjadikan kawasan Asia Pasifik menempati peringkat ketiga tiga untuk pasar global setelah Amerika Utara dan China.

Sepanjang tahun 2020, diramalkan oleh Canalys bahwa pengapalan perangkat audio pintar tumbuh hingga 23,6 persen di Asia Pasifik dengan produk TWS sebagai pendorong utama.

Dari estimasi 76 juta unit perangkat yang dikapalkan, 44 persen akan disumbang oleh produk TWS. Pencapaian ini selaras dengan strategi smartphone+AIoT yang diterapkan Xiaomi sejak tahun 2019.

{Baca juga: Xiaomi Luncurkan TWS Baru, Dijual Rp 200 Ribuan}

Pada laporan keuangan kuartal I 2020, Xiaomi mencatatkan pertumbuhan 13,6 persen YoY pada tiga bulan pertama tahun 2020. Pendapatan dari segmen produk IoT dan gaya hidup tumbuh 7,8 persen di tengah masa sulit selama pandemi.

Jumlah perangkat IoT yang terkoneksi (kecuali ponsel pintar dan laptop) ke platform Xiaomi juga tumbuh menjadi 252 juta unit per 31 Maret 2020 atau tumbuh 42,6 persen YoY.

Luncurkan Mi True Wireless Earbuds Basic S

Xiaomi juga menghadirkan perangkat TWS baru untuk pengguna di Indonesia yang dijuluki Mi True Wireless Earbuds Basic S.

Beberapa keunggulan dari earbud ini di antaranya adalah stabilitas yang jauh lebih baik dari versi sebelumnya dengan Bluetooth 5.0.
Mode Single-Ear yang memungkinkan peralihan koneksi perangkat secara otomatis ketika hanya satu earphone yang digunakan, serta automatic pairing saat perangkat dikeluarkan dari casing.

{Baca juga: Redmi 9 Resmi Tiba di Indonesia, Harganya Menggoda}

Mi True Wireless Earbuds Basic S juga memiliki desain ergonomis untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pengguna, bahkan saat melakukan yoga atau bersepeda.

Desainnya pun ringan dengan berat hanya 4,1 gram per earphone, membuat pengguna tidak merasakan apapun selain musik di telinga.

Keistimewaan lain dari perangkat TWS ini adalah tombol onboard yang memungkinkan pengguna mengontrol musik dan panggilan dengan mudah tanpa khawatir mengaktifkannya secara tidak sengaja.

Perangkat ini juga mendukung asisten suara yang dapat diaktifkan dengan mengklik earbud dua kali, serta memiliki mode game untuk mengurangi audio delay dan gangguan selama waktu bermain mobile game.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Ada juga fitur gaming mode yang mendukung para pengguna yang gemar bermain game. Memberikan suara yang anti delay.

Perangkat TWS ini akan dijual pertama kali pada tanggal 20 Juli 2020 di Shopee, Mi.com, dan Mi Store dengan harga spesial Rp 249.000. Kemudian akan menjadi harga normal di nominal Rp 299.000. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0