telset

Xiaomi Bongkar Rahasia Teknologi Kamera Mi 10 Ultra

Telset.id, Jakarta – Awal bulan ini Xiaomi meluncurkan smartphone Xiaomi Mi 10 Ultra yang langsung berhasil memuncaki tabel DxOMark karena kemampuan kameranya. Kini Xiaomi percaya diri membeberkan secara detil “rahasia” di balik kecanggihan teknologi kamera Mi 10 Ultra.

Bedah teknologi kamera Mi 10 Ultra ini dimulai dari kamera utama 48 MP. Kamera ini pada dasarnya mengatakan bahwa terkadang Anda tidak memerlukan sensor besar untuk mendapatkan bidikan terbaik.

Piksel yang dimiliki Mi 10 Ultra dikelompokkan menjadi tiga kategori: eksposur pendek, sedang dan panjang. Itu digabungkan dengan sinyal HDR saat sensor membacakan gambar baris demi baris.

{Baca juga: Xiaomi Mi 10 Ultra, Spek Tinggi Didukung Pengisian Daya 120W}

Perlu dicatat bahwa Mi 10 Ultra merupakan smartphone pertama yang merekam video HDR10 berkat pemrosesan yang dilakukan pada sensor. Perangkat ini juga memiliki desain lensa 8P yang merupakan lensa dengan delapan elemen.

Tim pengembang juga mengatakan bahwa untuk mencapai hasil yang terbaik dengan lensa Telefoto juga merupakan sebuah tantangan.

Kamera 48 MP yang dilengkapi dengan sensor IMX586 memiliki ukuran yang terlalu besar. Xiaomi harus menggunakan lensa D-cut untuk merampingkan modul agar sesuai dengan bingkai.

Lensa D-cut mempersulit stabilisasi gambar optik. Namun, setelah beberapa kali pengujian, perusahaan berhasil menyesuaikan semuanya dengan sempurna.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Sementara itu lensa ultra-wide hadir dengan sudut pandang seluas 128 derajat. Ini juga menggunakan lensa 7P untuk meminimalkan distorsi, terutama di sekitar tepinya. Seiring berkurangnya distorsi, resolusi yang dihasilkan juga akan menungkat. Kemudian software akan menyesuaikan detail yang tersisa.

Sebagaimana dikutip Telset.id dari GizChina, Kamis (27/8/2020), Xiaomi dilaporkan menggunakan sebagian besar tim Research and Development di seluruh dunia. Tim yang berasal dari Beijing, Shanghai, Shenzhen, Najing, Tokyo, Santiago, Bangalore, Paris dan Tampere bekerja untuk meningkatkan hardware dan software dari Mi 10 Ultra.

Tak berselang lama jelang diluncurkan ke publik, DxOMark langsung membagikan hasil pengujian mereka atas kemampuan kamera Xiaomi Mi 10 Ultra. Hasilnya, Xiaomi Mi 10 Ultra langsung berhasill menembus posisi pertama di daftar peringkat DxOMark.

Secara keseluruhan Xiaomi Mi 10 Ultra meraih skor sebesar 130. Terbagi dalam nilai 142 untuk foto dan 106 untuk kemampuan videonya.

{Baca juga: Xiaomi Mi 10 Ultra Baru Meluncur, Langsung Puncaki DxOMark}

DxOMark melakukan pengujian pada masing-masing sensor kamera dalam berbagai kondisi. Kamera utama dan kamera telefoto 2x mendapatkan hasil yang cukup bagus.

Sementara kamera ultrawide milik Xiaomi Mi 10 Ultra disebut mampu mengungguli kemampuan dari kamera Samsung Galaxy S20 Ultra dengan detail yang lebih baik dan noise yang lebih rendah.

Kamera utama Xiaomi Mi 10 Ultra memiliki resolusi 48 MP dengan sensor Quad-Bayer. Kemudian kamera zoom optik 2x 12 MP dan kamera zoom periskop optik 5x, serta kamera ultrawide 20MP dengan sudut pandang luar, sensor besar dan fokus otomatis.

Dengan hasil ini Mi 10 Ultra sukses menggeser posisi dari Huawei P40 Pro yang sebelumnya menduduki posisi puncak DxOMark dengan skor keseluruhan 128. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0