Wujud Vivo X Fold, HP Lipat Pertama Vivo yang Segera Meluncur

Telset.id, Jakarta – Vivo tampaknya tergoda untuk ikut merilis smartphone lipat. Vendor asal China itu baru-baru ini memposting poster yang menampakkan HP lipat pertama bernama Vivo X Fold.

Dilansir Telset dari phoneArena pada Sabtu (26/3/2022), pengumuman perihal smartphone lipat Vivo dilakukan melalui akun Weibo milik vendor tersebut. Dari poster yang dirilis, Vivo X Fold bentuknya mirip dengan Samsung Galaxy Z Fold3.

Baca juga: Benchmark Vivo X80 Lebih Tinggi dari Galasy S22

Sayangnya pabrikan asal China tersebut tidak menjelaskan mengenai kapan ponsel ini diluncurkan. Akan tetapi ada informasi yang menyebut kalau pada Senin (28/3/2022), Vivo bakal mengumumkan perihal smartphone dengan layar fleksibel mereka itu tak lama lagi.

Mengiringi rumor HP lipat terbaru itu, ada bocoran mengenai spesifikasi dari Vivo X Fold. HP Vivo terbaru itu dikabarkan memiliki layar dengan ukuran asli tanpa dilipat sekitar 8,03 inci dengan resolusi QHD+ dan refresh rate 120Hz.

Sedangkan di dapur pacunya, smartphone ini ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1. Chipset yang sama dengan seri Samsung Galaxy S22 dan OnePlus 10 Pro.

X Fold ditopang baterai 4.600 mAh dan teknologi fast charging hingga 80W untuk pengisian dengan kabel dan 50W untuk wireless charging. Dari sisi kamera, disematkan quad-camera dengan komposisi kamera utama 50MP, kamera ultrawide 48MP, kamera zoom 12MP, dan kamera zoom telephoto 8MP.

Di bagian depan terdapat 2 bagian kamera selfie yang spesifikasinya masih misterius. Adapun Keputusan Vivo untuk merilis HP lipat merupakan keputusan yang tepat.

Smartphone Lipat Vivo X Fold
Poster Vivo X Fold (Sumber foto: Weibo)

Sebab berdasarkan riset dari Omdia pada paruh kedua tahun 2021, volume pengiriman HP lipat meningkat pesat mencapai 9 juta unit atau naik 309% year-over-year (YoY).

Baca juga: Pasar Smartphone Lipat Tumbuh 309%

Kemudian jika diakumulasikan hingga kuartal keempat tahun 2021 (Q4 2021), maka pengiriman smartphone lipat tembus sampai 11,5 juta unit atau yang terbesar sejak pertama kali dirilis pada 2019 lalu.

Dari data tahun 2021 lalu Omdia memprediksi kalau pasar smartphone layar lipat akan terus tumbuh. Tahun 2022 ini saja, pasar ponsel layar lipat secara global diperkirakan tumbuh signifikan dibandingkan tahun lalu sebanyak 14 juta unit.

Lalu pasar tetap tumbuh setiap tahunnya hingga menyentuh angka 61 juta unit pada tahun 2026 dan menyumbang 3,6% dari total pengiriman di pasar smartphone global.

Jadi sepertinya Vivo ingin memanfaatkan pertumbuhan pasar ponsel layar lipat, dengan membawa Vivo X Fold di pasaran. So, kita tunggu saja perkembangan Vivo X Fold ini. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0